Latihan Soal SKB Kebidanan (Bidan)

 Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Kebidanan Tahun 2018-2019

Download Soal dan Jawaban atau Pembahasan Latihan Soal SKB Kebidanan (Bidan) yang bersumber dari Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Kebidanan. Sekedar iseng meramaikan tes CPNS dan Uji Kompetensi (Ukom) Kebidanan, berikut beberapa contoh lathan Soal TES TKB SKB CPNS Kebidanan dan Soal Uji Kompetensi UKOM Kebidanan. Lalu apa persamaan pelaksanaan SKB dalam seleksi CPNS dengan Uji Kompetensi ? Pada dasarnya SKB dan Uji Kompetensi adalah sama. Oleh karena itu pada beberapa instansi ada kebijakan jika sudah memiliki atau lulus Uji Kompetensi sudah tidak diwajibkan mengikuti SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang.

Apa sih kebidanan? Kebidanan adalah bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni dalam mempersiapkan kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi-fungsi reproduksi manusia, serta memberikan bantuan atau dukungan kepada perempuan, keluarga, dan komunitasnya.
Pendidikan kebidanan merupakan bagian dari jenjang akademik untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional kebidanan dalam menerapkan ilmu dan konsep kebidanan dan memanfaatkan teknologi secara arif serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
Tujuan Pendidikan Program Studi Kebidanan (D III) adalah menghasilkan tenaga bidan pada tingkat ahli madya kebidanan sebagai tenaga profesional yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa pancasila, berprilaku kreatif, dinamis dan inovatif, memiliki integritas dan berkepribadian tinggi, terbuka, dan tanggap terhadap pembaharuan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta tanggap terhadap berbagai masalah di masyarakat khususnya berkaitan dengan bidang kesehatan ibu dan anak.
Dalam rangka penjaminan mutu dan standardisasi kompentensi lulusan pendidikan Program Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan dan Profesi Ners, maka dilakukan uji kompetensi nasional sebagai bagian dari proses evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan diatur melalui Permenristekdikti No. 12 tahun 2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan. Peserta Uji Kompetensi adalah mahasiswa dan lulusan dari program studi Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan, dan Profesi Ners yang memiliki izin penyelenggaraan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang masih berlaku, dengan kriteria sebagai berikut: a) Mahasiswa yang telah menyelesaikan proses pendidikan; b) Lulusan setelah bulan Agustus 2013 yang sudah memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi, namun belum memiliki sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi; c) Peserta yang tidak lulus uji kompetensi pada periode sebelumnya.

 Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Kebidanan Tahun 2018-2019-2020

Hal yang perlu diperhatikan oleh peserta SKB CPNS Kebidanan, antara lain Peserta tes wajib membawa Kartu Tes (yang digunakan pada waktu Seleksi Kompetensi Dasar) dan Kartu Tanda Penduduk Asli (KTP)/Surat Keterangan Perekaman Kependudukan Asli yang masih berlaku. Peserta wajib mengenakan pakaian : a) Pria : kemeja putih lengan panjang, celana kain warna hitam (tidak berbahan jeans) dan bersepatu pantofel; b) Wanita : kemeja putih lengan panjang, celana panjang/rok panjang warna hitam (tidak berbahan jeans), khusus bagi yang berhijab menggunakan hijab warna hitam dan bersepatu pantofel. . Peserta wajib hadir sesuai jam registrasi yang sudah ditentukan (sebagimana terlampir) untuk dilakukan proses registrasi (absensi), penitipan barang, pemeriksaan dan pengarahan tentang tata cara pelaksanaan CAT SKB oleh Petugas Tes; Peserta yang hadir pada saat peserta tes lain sudah memasuki ruang CAT SKB dan ujian sudah di mulai, tidak diperkenankan memasuki ruangan CAT dan dianggap mengundurkan diri serta dinyatakan gugur; Peserta di dalam ruang tes hanya diperkenankan membawa Kartu Tes Asli dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli/Surat Keterangan Perekaman Kependudukan Asli yang masih berlaku. Pada saat di ruang CAT SKB dilarang : a) Bertanya/ berbicara dengan sesama peserta tes; b) Menerima/memberikan sesuatu dari/kepada peserta lain tanpa seizin panitia selama ujian; c) Keluar ruangan, kecuali memperoleh izin dari panitia; d) Merokok dalam ruang tes; e) Menggunakan komputer selain untuk aplikasi CAT.

Sekedar membantu mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi (Ukom) Kebidanan dan juga Seleksi Kompetensi Bidang Kebidanan berikut contoh Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Kebidanan dan Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Kebidanan. Contoh soal yang dapat di download melalui link di bawah ini tentunya hanya soal latihan. Soal UKOM Kebidanan atau Soal SKB Kebidanan yang Bapak/Ibu hadapi pada saat pelaksanaan tes mungkin berbeda.

Anda berminat untuk mempelajari soal latihan . Berikut ini link download Soal TES TKB SKB CPNS Kebidanan dan Soal UKOM Kebidanan. Semoga link downloadnya masih berfungsi. Download Soal dan Pembahasan (Disini)
Demikian info tentang Soal dan Jawaban atau Pembahasan Latihan Soal SKB Kebidanan (Bidan). Semoga bermanfaat, terima kasih. Selamat menempuh ujian, semoga sukses.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top