Makanan Burung Berkicau

Makanan burung berkicau sehari-hari pada umumnya dapat kita bagi menjadi 2 ( dua ) kategori, makanan yang pertama dapat di kategorikan berupa :
Makanan burung berkicau yang pertama adalah voer
Makanan burung berkicau yang pertama adalah voer. Voer  sebagai makanan utama sehari-hari burung seperti kacer, anis, murai, cucak jenggot, pleci, anis kembang, pentet dan khusus burung lainnya yang pemakan non biji-bijian. 

Makanan burung agar cepat gacor yang pertama kedua adalah sebagai makanan penunjang atau disebut juga dengan istilah extra fooding (makanan tambahan), seperti jangkrik, cacing, kroto, belalang, kelabang, ulat hongkong, ulat bumbung, ulat pisang dan buah-buahan serta sayur.
Pada dasarnya makanan tambahan tersebut memang perlu kita berikan pada burung kesayangan kita, agar burung tidak monoton dan bosan hanya makan voer dan minum saja akan tetapi burung juga perlu makanan 4 sehat 5 sempurna sama seperti kita sebagai manusia.
Namun perlu diperhatikan makanan tambahan ini tidak wajib diberikan dalam waktu bersamaan karena tidak baik untuk perkembangan, perawatan dan pelatihan burung tersebut, namun sebelum makanan tambahan dan buah yang akan diberikan untuk burung sebaiknya kita juga harus mengetahui terlebih dahulu kesukaan atau kegemaraan burung kita masing-masing dan cocok tidak makanan itu untuk burung tersebut.
Selaain makanan perlu diperhatiak juga kesehatan burung yaitu; kesehatan fisik dan dan mental mental, keduanya merupakan suatu kesatuan yang tidak mungkin kita pisahkan. Seperti halnya manusia, bila fisik sehat namun mentalnya sakit apakah akan menghasilkan karya? Begitu pula yang dialami oleh burung kita.
Bila burung sehat secara fisik burung namun terganggu kondisi mentalnya, maka akan mengakibatkan kesehatan fisik menjadi terganggu dan akan berakibat burung macet bunyi. Begitu pula saat mentalnya bagus, tapi kondisi fisik terganggu, semisal burung sakit atau luka maka akan berakibat burung tidak bisa tampil maksimal.
Sehubungan dengan hal diatas maka kita perlu memperhatikan dalam hal pakan terlebih dahulu, beberapa kriteria burung itu adalah: a) Burung pemakan (utama) serangga seperti murai medan, kacer dll maka  perlu ada tambahan vitamin secara rutin.; b) Burung pemakan (utama) buah seperti cucak rowo, trucukan dll, perlu diberi serangga secara berkala; c) Burung pemakan biji, perlu diberi serangga dan buah/sayuran. Kenari dan branjangan misalnya, perlu kita beri kroto dalam menu makanannya.
Penjemuran
Sinar matahari bermanfaat untuk mengubah pro vitamin D menjadi vit D, menghilangkan jamur dan memberantas kutu, di sinilah perlunya penjemuran. Kalau hanya sekadar alasan kesehatan maka penjemuran cukup dilakukan 30 – 60 menit di setiap pagi hari.
Konsistensi
Inilah yang terberat, menjaga jadwal untuk selalu teratur dalam merawatnya baik dalam pemberian pakan dan penjemuran. Saat kita konsisten dengan semua itu pasti hasilnya akan tetap memuaskan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top