Soal Tes Seleksi PPPK Guru Sejarah SMA dan SMK

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SejarahSMA dan SMK Tahun 2021

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SejarahSMA dan SMK Tahun 2024-2025Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesianomor 38 Tahun 2024 Tentang Jenis Jabatan Yang Dapat Diisi Oleh Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja, yang dimaksud Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. Jabatan yang dapat diisi oleh PPPK meliputi: Jabatan Fungsional, yang selanjutnya disingkat JF adalah sekelompok Jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu, dan Jabatan Pimpinan Tinggi, yang selanjutnya disingkat JPT adalah sekelompok Jabatan tinggi pada Instansi Pemerintah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengadakan rekrutmen atau seleksi guru untuk menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) di tahun 2024-2025 yang akan datang. Tentunya agar mempelajari Bahan/Materi serta Kisi-kisi Seleksi PPPK tahun 2024-2025 yang rencana akan disediakan kemendikbud melalui laman gtk.kemendikbud.

Saat ini  Mekanisme Pendaftaran Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Guru di Tahun 2024-2025 sudah memasuki tahap perencanaan persiapan mulai dari perancangan sistem penerimaan, soal ujian kompetensi, hingga sistem Mekanisme Pendaftaran Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Guru di Tahun 2024-2025 mendatang. 

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Instansi Pembina untuk Jabatan Fungsional Guru di ruang lingkup Pendidikan pada Tahun Anggaran 2024-2025 telah melakukan persiapan perencanaan untuk perekrutan PPPK formasi Tenaga Guru. Dari perihal tersebut, saat ini Instansi pada tiap-tiap daerah diberikan hak untuk mengajukan usulan e-formasi untuk Guru PPPK sesuai kebutuhan Jabatan yang ada di daerah tersebut tanpa adanya batasan terhadap kouta kebutuhan formasi yang diberikan oleh pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia. 

Untuk Mekanisme Pendaftaran Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Guru di Tahun 2021 diberikan opsi terbaik selama proses seleksi berlangsung nantinya. Mekanisme tersebut hampir menyerupai proses tahapan seleksi PPG dalam Jabatan yakni setiap peserta seleksi diberikan 3 kali kesempatan untuk mengikuti ujian kompetensi.

 

Jika nantinya pada kesempatan pertama peserta mengalami kegagalan maka dapat melakukan ujian kompetensi kali kedua hingga kouta 1 (satu) juta untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang telah dipersiapkan oleh Pemerintah bersama pihak terkait ditiap-tiap Instansi Daerah telah terpenuhi.

Dalam perihal mempersiapkan diri untuk dapat berhasil menghadapi Tes CPNS jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di Tahun 2024-2025 mendatang maka perlu dilakukan persiapan dengan memahami Mekanisme Pendaftaran Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Guru di Tahun 2024-2025.

Sebelum admin membagikan contoh atau Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru mata pelajaran Sejarah (IPS) SMP SMA dan SMK Tahun 2024-2025, berikut ini sedikit pengetahuan tentang pelajaran sejarah di SMA SMK dan pelajatan sejarah dalam mata pelajaran IPS SMP. Ada pepatah yang mengatakan jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena seseorang yang lalai terhadap sejarah pada hakikatnya tidak pernah dewasa. Sejarah dalam hal ini memiliki posisi yang sangat strategis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kalau begitu apa yang dimaksud dengan pendidikan sejarah, dan apa itu yang dimaksud dengan pembelajaran sejarah dan apa itu mata pelajaran mapel Sejarah? a. Sejarah adalah ilmu tentang asal usul dan perkembangan masyarakat dan bangsa yang telah terjadi di masa lalu yang berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat dan bangsa di masa kini dan masa yang akan datang. Dengan demikian Sejarah Indonesia dapat dikatakan sebagai ilmu tentang asal usul dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia yang telah terjadi di masa lalu yang berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang. b. Pendidikan sejarah merupakan suatu proses internalisasi nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan kesejarahan dari serangkaian peristiwa yang dirancang sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar peserta didik. c. Mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan kajian mengenai sejarah di SMP masuk pelajaran IPS sedangkan sejarah pada jenjang pendidikan SMASMK dan MAMAK tentang berbagai peristiwa sejarah dalam masyarakat dan bangsa Indonesia pada masa lampau sejak praaksara sampai masa kini. Sejarah Indonesia memuat berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di suatu tempat di wilayah Indonesia yang memiliki pengaruh terhadap kehidupan kebangsaan. d. Sejarah lokal adalah suatu peristiwa sejarah yang terjadi di suatu tempat di wilayah Indonesia yang memiliki pengaruh di wilayah tersebut.

 

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru mata pelajaran Sejarah (IPS) SMP SMA dan SMK Tahun 2021

 

Mata pelajaran Sejarah di SMA SMK atau IPS kalau di SMP pada umumnya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut : a. Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air, melahirkan empati dan perilaku toleran yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat dan bangsa. b. Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap diri sendiri, masyarakat, dan proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang. c Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya konsep waktu dan tempatruang dalam rangka memahami perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa di Indonesia. d. Mengembangkan kemampuan berpikir historis historical thinking yang menjadi dasar untuk kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif. e. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau. f. Mengembangkan perilaku yang didasarkan pada nilai dan moral yang mencerminkan karakter diri, masyarakat dan bangsa. g. Menanamkan sikap berorientasi pada masa kini dan masa depan.

 

Berikut ini Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru mata pelajaran Sejarah (IPS) SMP SMA dan SMK Tahun 2021 —–DISINI—-

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru mata pelajaran Sejarah (IPS) SMP SMA dan SMK Tahun 2024-2025. semoga ada manfaatnya, terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top