Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi SMA SMK

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021-2022Rencana seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 resmi diumumkan oleh pemerintah. Seleksi ini terbuka untuk guru honorer, termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2) yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar juga bisa mendaftar PPPK guru 2021. Berdasarkan perhitungan dari Dapodik, kebutuhan guru di luar ASN mencapai satu juta guru.

 

Syarat menjadi Guru PPPK. Berdasarkan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, berikut syarat-syarat pegawai honorer termasuk guru untuk bisa menjadi PPPK ASN:

·          Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi satu tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

·          Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.

·          Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

·          Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

·          Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

·          Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.

·          Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

·          Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Dirangkum dari laman resmi Kemenpan RB, sesuai Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), rekrutmen PPPK juga melalui seleksi. Ada dua tahapan seleksi, yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi pengadaan PPPK, wajib mengikuti wawancara untuk menilai integritas dan moralitas sebagai bahan penetapan hasil seleksi.

 

Untuk pelamar JPT utama tertentu dan JPT madya tertentu yang telah lulus seleksi pengadaan PPPK, selain mengikuti wawancara untuk menilai integritas dan moralitas, juga mempertimbangkan masukan masyarakat sebagai bahan penetapan hasil seleksi. 

 

Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesian omor 38 Tahun 2020 Tentang Jenis Jabatan Yang Dapat Diisi Oleh Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja, yang dimaksud Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. Jabatan yang dapat diisi oleh PPPK meliputi: Jabatan Fungsional, yang selanjutnya disingkat JF adalah sekelompok Jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu, dan Jabatan Pimpinan Tinggi, yang selanjutnya disingkat JPT adalah sekelompok Jabatan tinggi pada Instansi Pemerintah.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengadakan rekrutmen atau seleksi guru untuk menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) di tahun 2021 yang akan datang. Tentunya agar mempelajari Bahan/Materi serta Kisi-kisi Seleksi PPPK tahun 2021 yang rencana akan disediakan kemendikbud melalui laman gtk.kemendikbud.

Sebelum admin membagikan contoh atau Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021, berikut ini sedikit pengetahuan tentang pelajaran geografi. Ada beberapa gagasan dasar sebagai latar keberadaan mata pelajaran geografi jenjang SMA/SMK serta terdapat konten geografi di IPS SMP. Pertama, bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Kedua, Mata pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi persepsi manusia tentang tempat dan wilayah. Ketiga, pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis.

 

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021

 

Seidaknya terdapat lima nilai yang terkadung dari latar keberadaan mata pelajaran Geografi. Kelima nilai tersebut adalah kreatif, kritis, cerdas, arif, dan tanggung jawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi dan ekologis. Cerdas berarti peserta didik dapat memecahkan masalah-masalah di lingkungannya. Arif berarti peserta didik dapat menggunakan nilai-nilai universal maupun lokal untuk menyelesaikan permasalahan. Tanggung jawab berarti ada keberanian untuk mengambil keputusan dan siap menanggung resiko yang yang terjadi atas keputusannya. Dengan demikian pembelajaran geografi yang ideal dapat mengembangkan pemahaman peserta didik tentang kegeografian dan memupuk sikap aktif, kretif, kritis, cerdas, arif dan tanggung jawab terhadap masalah-masalah kegeografian.

 

Apakah pembelajaran geografi sudah dapat berfungsi demikian? Jika melihat hasil studi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam tugas akhir dapat dibaca secara faktual pembelajaran geografi di sekolah. Pertama, pembelajaran masih kurang menggunakan paradigma baru dan bermakna bagi siswa. Kedua, pembelajaran masih menitikberatkan pada aspek pengetahuan untuk menyiapkan ujian, bukan membejarkan siswa membangun kompetensi.

 

Mengapa kinerja pembelajaran geografi belum dapat memenuhi harapan yang ideal tersebut? Ada sejumlah faktor penyebab, yaitu (1) kompetensi guru geografi yang masih perlu peningkatan. (2) Infrastruktur sekolah yang perlu penambahan. (3) budaya inovasi dalam pembelajaran perlu peningkatan. (4) komitmen yang sungguh-sunguh untuk melakukan pembelajaran yang efektif.

 

Merujuk pada standar isi mata pelajaran geografi yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006), tujuan mata pelajaran geografi adalah:

(1). Memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan

 

(2). Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi

(3). Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat.

 

Tujuan tersebut tidak hanya mencakup aspek kognitif berupa pengetahuan peserta didik tentang pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan, tetapi juga mencakup aspek psikomotorik yang berupa keterampilan untuk memperoleh, mengkomunikasikan, dan menerapkan pengetahuan yang diperolehnya, serta cakupan aspek afektif yang berupa kepedulian pada lingkungan dan toleransi terhadap keragaman budaya tempat siswa berada.

 

Melaluipembelajaran geografi diharapkan dapat menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik agar menjadi sosok dengan berkualifikasi (1) berpengatahuan luas dan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan. (2) memiliki kepedulian yang tinggi pada masalah-masalah lingkungan hidup, sosial, dan budaya. (3) memiliki sikap dan perilaku pro aktif terhadap perubahan informasi geografis. (5) memiliki sikap yang toleran terhadap keragaman budaya. (6) mampu mengkomunikasikan informasi geografis dengan baik. (7) memiliki kesadaran untuk perbaikan secara terus menerus atas kekuran yang dimilikinya.

 

Ruang lingkup mata pelajaran Geografi meliputi Konsep dasar, pendekatan, dan prinsip dasar Geografi; Konsep dan karakteristik dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran spasialnya; Jenis, karakteristik, potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan pemanfaatannya

Jumlah, pertumbuhan, komposisi, penyebaran, dan permasalahan penduduk dan dampaknya; Karakteristik, unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan dan pelestariannya; Kajian wilayah negara-negara maju dan sedang berkembang; Konsep wilayah dan pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam analisis geografi; dan Pengetahuan dan keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.

Berikut ini Link Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021 —-disini—- 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021-2022. semoga ada manfaatnya, terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top