Latihan Soal Tes Seleki PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK

Latihan Soal Tes Seleki PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK Tahun 2024 - 2025
Latihan Soal Tes Seleki PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK Tahun 2024 – 2025

Latihan Soal Tes Seleki PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK Tahun 2024 – 2025. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengadakan rekrutmen atau seleksi guru untuk menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) di tahun 2024 – 2025 yang akan datang. Tentunya agar mempelajari Bahan/Materi serta Kisi-kisi Seleksi PPPK tahun 2024 – 2025 yang rencana akan disediakan kemendikbud melalui laman gtk.kemendikbud

Khusus untuk rekan guru Bahasa Indonesia, agar para guru dapat bersaing dalam rekrutmen lebih dari 1 Juta guru PPPK tahun 2024 – 2025 nanti tentunya para peserta tes harus mempersiapkan diri sebaik mungkin salah satunya dengan mempelajari Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP SMA dan SMK. Lebih dari itu, para peserta harus lebih banyak mempelajari Bahan/Materi yang memiliki keterkaitan dengan Kisi-kisi Seleksi PPPK (P3K) tahun 2024 – 2025.

Sebelum mempelajaran Latihan Soal Seleksi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK Tahun 2024 – 2025, hal yang juga harus diketahui guru bahasa Indonesia bahwa Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan sintesis dari tiga pendekatan, yaitu pedagogi genre, saintifik, dan CLIL. Alur utama model adalah pedagogi genre dengan 4M (Membangun konteks, Menelaah Model, Mengonstruksi Terbimbing, dan Mengonstruksi Mandiri). Kegiatan mendapatkan pengetahuan (KD-3) dilakukan dengan pendekatan saintifik 5M (Mengamati, Mempertanyakan, Mengumpulkan Informasi, Menalar, dan Mengomunikasikan). Pengembangan keterampilan (KD-4) dilanjutkan dengan langkah mengonstruksi terbimbing dan mengonstruksi mandiri. Pendekatan CLIL digunakan untuk memperkaya pembelajaran dengan prinsip: (1) isi [konten] teks—berupa model atau tugas–bermuatan karakter dan pengembangan wawasan serta kepedulian sebagai warganegara dan sebagai warga dunia; (2) unsur kebahasaan [komunikasi] menjadi unsur penting untuk menyatakan berbagai tujuan berbahasa dalam kehidupan; (3) setiap jenis teks memiliki struktur berpikir [kognisi] yang berbeda-beda yang harus disadari agar komunikasi lebih efektif; dan (4) budaya[kultur], berbahasa, berkomunikasi yang berhasil harus melibatkan etika, kesantunan berbahasa, budaya (antarbangsa, nasional, dan lokal).

Hal lain yang perlu diketahui guru Bahasa Indonesia adalah bahwa prinsip khusus pembelajaran bahasa Indonesia dilaksanakan dengan menerapkan prinsip:

1. Bahasa merupakan kegiatan sosial. Setiap komunikasi dalam kegiatan sosial memiliki tujuan, konteks, dan audiens tertentu yang memerlukan pemilihan aspek kebahasaan (tata bahasa dan kosa kata) yang tepat; serta cara mengungkapkan dengan strukur yang sesuai agar mudah dipahami.

2. Bahan pembelajaran bahasa yang digunakan wajib bersifat otentik. Pengembangan bahan otentik didapat dari media massa (cetak dan elektronik); tulisan guru di kelas, produksi lisan dan tulis oleh siswa. Semua bahan dikelola guru untuk keberhasilan pembelajaran.

3. Proses pembelajaran menekankan aktivitas siswa yang bermakna. Inti dari siswa aktif adalah siswa mengalami proses belajar yang efesien dan efektif secara mental dan eksperiensial.

4. Dalam pembelajaran berbahasa dan bersastra, dikembangkan budaya membaca dan menulis secara terpadu.

Berikut ini Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP SMA dan SMK Tahun 2024 – 2025 —-DISINI —-

Link download Contoh atau Latihan Soal Kompetensi Manajerial dan Kometensi Sosio Kultural Tes PPPK Guru Tahun 2024 – 2025 (disini)

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes Seleki PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK Tahun 2024 – 2025. semoga ada manfaatnya, terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top