Kuliner Khas Jogya (Yogyakarta)

Kuliner Khas Jogya  (Yogyakarta)
Posting kali Admin berbagi tentang Kuliner Khas Jogya (Yogyakarta). Jika Anda berkunjung ke Kota Jogjakarta dan sekitarnya, jangan lupa untuk mencicipi Kuliner Khas Daerah Istimewa D.I Yogyakarta (Kuliner Khas Jogya). Apa saja Kuliner Khas Jogya. Berikutnya beberapa Kuliner yang populer sebagai khas Yogya.


Kuliner Khas Jogya  (Yogyakarta)
Gudeg—Kuliner Khas Jogya (D.I. Yogyakarta)
1. Gudeg. Ini dia makanan yang menjadi ikon Kota Jogja. Makanan berbahan utama nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam hingga kental dan berubah warna. Rasanya yang legit, gurih dan sedikit manis ini tidak bisa ditolak oleh siapapun yang menyukai masakan jawa. Gudeg kering yang sangat laris ini bisa disantap dengan telor bebek, ayam kampung, dan sambal krecek.

Kuliner Khas Jogya  (Yogyakarta)
Sate Klathak—Kuliner Khas Jogya (D.I. Yogyakarta)

 

2. Sate Klathak. Nama sate klathak berasal dari pembuatan sate yang unik dengan menggunakan tusuk dari besi jeruji sepeda dan menghasilkan bunyi yang khas saat dibakar diatas bara api. Sate yang berbahan daging kambing muda ini hanya dibumbui garam dan sedikit merica, tanpa tambahan kecap dan bumbu lain. Meski sederhana, justru malah mengeluarkan kesegaran asli rasa kambingnya. Wisatawan bisa membeli sate ini di jl Imogiri Timur Sate Pak Pong

Kuliner Khas Jogya  (Yogyakarta)
Sego pecel—Kuliner Khas Jogya (D.I. Yogyakarta)

 

3. Sego pecel. Sego pecel terdiri dari nasi dan tentu saja beraneka sayuran seperti kacang panjang, bayam, dan tauge yang semuanya direbus dahulu. Tidak lupa disiram dengan bumbu kacang yang gurih dengan sedikit rasa pedas. Travelers juga bisa menambahkan lauknya sebagai teman makan yaitu tempe dan tahu bacem atau telur goreng. Sego pecel bisa ditemui di kompleks Universitas Gajah Mada (UGM) milik Bu Wiryo.

Kuliner Khas Jogya  (Yogyakarta)
Kipo–Kuliner Khas Jogya (D.I. Yogyakarta)

 

4. Kipo. Jajanan khas Kotagede ini bentuknya kecil dan dibungkus daun pisang. Kudapan ringan berbahan baku ketan berwarna hijau ini berisi gula jawa yang proses pembuatannya dipanggang diatas cobek. Harum pandan dan citarasa kenyal dari ketan serta manisnya gula jawa, merupakan andalan penganan ini. Travelers bisa mengunjungi kios Bu Djito di Jalan Mondorakan Nomor 27, Kotagede.

Bakpia—-Kuliner Khas Jogya (D.I. Yogyakarta)
 
5.Bakpia adalah nama makanan khas Jogja yang kerap dipakai sebagai oleh-oleh wisatawan yang datang ke Jogja. Pusat pembuatan bakpia selama ini dikenal di Pathuk, sebuah kawasan di belakang Malioboro, tepatnya di sebelah barat kawasan Malioboro. Kawasan ini sangat terkenal karena merupakan salah satu pusat kuliner di Kota Yogyakarta dan menjadi jujugan wisatawan untuk mencari oleh-oleh khas Jogja.

Mangut Lele—-Kuliner Khas Jogya (D.I. Yogyakarta)
6. Mangut Lele. Adalahmasakan ikan lele yang juga tidak kalah lezatnya dengan racikan resep masakan lain. Makanan yang satu ini cukup pedas merupakan kuliner khas dari Bantul. Bagi Anda yang sedang melancong ke kota Bantul jangan lewatkan untuk menikmati sajian masakan lezat mangut lele ini.
Thiwul —-Kuliner Khas Jogya (D.I. Yogyakarta)
7. Thiwul. Makanan khas Gunungkidul yang juga sudah terkenal luas hingga keseluruh penjuru tanah air. Oleh-oleh ini berbahan dasar dari telo *singkong* yang dikeringkan kemudian ditumbuk bernama gaplek. Dari bahan dasar ini kemudian diolah menjadi gathot dan thiwul.
Demikian info tentang Kuliner Khas Daerah Istimewa D.I Yogyakarta (Kuliner Khas Jogya) semoga bermanfaat. Terima Kasih, selamat belibur di Yogya selamat menikmati makanan khas Yogya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top