Destinasi Wisata Kawasan Mandalika

Destinasi Wisata Kawasan Mandalika

Destinasi Wisata Kawasan Mandalika berada di sepanjang garis pantai menghadap Samudera Hindia, di bagian selatan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Destinasi Wisata Kawasan Mandalika dikembangkan menjadi sebuah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata dengan total area 1.175 hektare.

Selain wisata bahari yang lama dikenal sebagai kekuatan dari kawasan ini, Destinasi Kawasan Mandalika diproyeksi untuk menjadi surga bagi sport tourism dan venue bagi gelaran kompetisi olahraga internasional.

Dari segi potensi wisata bahari, kawasan Mandalika dianugerahi pantai-pantai yang indah. Ada Pantai Kuta, Pantai Mandalika, Pantai Mawi, Pantai Mawun, Pantai Semeti, Pantai Selong Belanak, Pantai Serenting, Pantai Seger, dan Pantai Tanjung Aan. Tak hanya memiliki pemandangan yang indah, beberapa di antaranya juga menjadi favorit bagi para peselancar dan menjadi spot untuk melakukan olahraga air. Selain pantai, ada juga perbukitan indah seperti Bukit Benjon, Bukit Seger, Bukit Merese dan Batu Kotak.

Dengan adanya Mandalika International Circuit yang baru saja selesai dibangun, di masa yang akan datang diharapkan akan lebih banyak acara olahraga internasional diadakan di sini. Sejumlah kompetisi olahraga internasional telah berhasil digelar di sirkuit ini adalah MotoGP 2022, Asia talent Cup dan Superbike World Championship. Selain sirkuit berkelas internasional, dalam kawasan Mandalika juga direncanakan akan dibangun running track, lapangan golf dan fasilitas-fasilitas lain yang bisa menunjang sport tourism.

Terlepas dari potensi wisata alam dan olahraga yang dimiliki Mandalika, kawasan ini juga kaya dengan kearifan lokal dan budaya dari suku asli Pulau Lombok, Suku Sasak. Budaya dan kearifan lokal masyarakat Suku Sasak ini bisa dilihat di desa-desa wisata yang ada di sekitar kawasan Destinasi Wisata Kawasan Mandalika ini seperti di Desa Rembitan Sade, Desa Sukarara, Desa Tetebatu Selatan dan lainnya.

Destinasi Wisata Kawasan Mandalika

Di desa-desa wisata tersebut, selain bisa melihat secara langsung bagaimana masyarakat asli menjalani kesehariannya dan melihat rumah-rumah tradisional mereka, wisatawan juga bisa melihat kesenian dan kearifan lokal seperti seni tari, seni musik dan seni ketangkasan dan bela diri, menikmati kuliner tradisional atau melihat kerajinan tenun dan songket di desa-desa wisata ini.

Dari segi potensi kreatif sendiri, Destinasi Wisata Kawasan Mandalika memiliki tiga industri kreatif paling menonjol yaitu industri kuliner dengan makanan khasnya seperti ayam Taliwang, sate Rembiga, pelecing kangkung, dan sayur lebui. Industri kreatif lain adalah produksi pakaian dari tenun serta industri kriya atau kerajinan dengan menggunakan rotan dan bambu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top