Daftar Harga Burung Kutilang (Cangkurileung) Tahun 2024

Daftar Harga Burung Kutilang (Cangkurileung) Tahun 2024

Daftar Harga Burung Kutilang (Cangkurileung) dalam Berbagai Jenis di Tahun 2024. Kutilang adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawa menamainya ketilang atau genthilang, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul, sementara nama ilmiahnya adalah Pycnonotus aurigaster; mengacu pada bulu-bulu di sekitar pantatnya yang berwarna jingga. Burung yang berukuran sedang, panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 20 cm.

Sisi atas tubuh (punggung, ekor) berwarna coklat kelabu, sisi bawah (tenggorokan, leher, dada dan perut) putih keabu-abuan. Bagian atas kepala, mulai dari dahi, topi dan jambul, berwarna hitam. Tungging (di muka ekor) nampak jelas berwarna putih, serta penutup pantat berwarna jingga.

Kutilang (Cangkurileung) kerap mengunjungi tempat-tempat terbuka, tepi jalan, kebun, pekarangan, semak belukar dan hutan sekunder, sampai dengan ketinggian sekitar 1.600 m dpl. Sering pula ditemukan hidup meliar di taman dan halaman-halaman rumah di perkotaan. Burung kutilang acapkali berkelompok, baik ketika mencari makanan maupun bertengger, dengan jenisnya sendiri maupun dengan jenis merbah yang lain, atau bahkan dengan jenis burung yang lain.

Seperti umumnya merbah, makanan burung ini terutama adalah buah-buahan yang lunak. Kutilang (Cangkurileung) sering menjengkelkan petani karena kerap melubangi buah pepaya dan pisang yang telah masak di kebun. Namun sebaliknya burung ini menguntungkan petani karena juga memangsa pelbagai jenis serangga, ulat dan aneka hewan kecil lainnya yang menjadi hama tanaman.

Kelompok burung ini acap terbang dengan ribut, berbunyi nyaring cuk, cuk, ..! ; atau bersiul berirama yang terdengar seperti ke-ti-lang.. ke-ti-lang.. berulang-ulang di atas tenggerannya.

Sarang Kutilang (Cangkurileung) berbentuk cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting yang halus. Telur dua atau tiga butir, berwarna kemerah-jambuan berbintik ungu dan abu-abu. Tercatat bersarang sepanjang tahun kecuali Nopember, dengan puncaknya April sampai September.

Burung kutilang menyebar luas di Tiongkok selatan dan Asia Tenggara (kecuali Malaysia), Jawa serta Bali. Diintroduksi ke Sumatra dan Sulawesi, beberapa tahun yang silam.

Jenis-Jenis Burung Kutilang di Indonesia

Burung kutilang mempunyai jenis-jenis/varietas yang tersebar di masing-masing daerah. Jenis-jenis burung ini menilai harga burung kutilang di pasaran. Berikut merupakan sejumlah jenis burung kutilang yang tidak jarang dijumpai dan dibudidayakan di Indonesia:

1. Burung Kutilang Sutra

Jenis burung kutilang yang satu ini mempunyai nama latin Pycnonotus Atriceps. Dari segi jasmani dan morfologinya burung ini mempunyai warna kehijauan yang estetis dan warna hitam mengkilap pada unsur kepalanya. Burung kutilang sutra seringkali mempunyai habitat di distrik perbukitan. Bagi anda yang mengharapkan burung kutilang sebagai masteran atau prestasi, jenis burung kutilang sutra sangat sesuai untuk di latih kicauannya.

2. Burung Kutilang Putih

Sesuai dengan namanya, burung kutilang ini mempunyai warna putih pada semua tubuhnya. Di kalangan penyuka burung hias, jenis kutilang ini pun sering dipanggil dengan kutilang albino. Jenis burung ini terbilang langka dan agak susah ditemukan sampai-sampai harga jualnya relatif mahal dipasaran. Bagi keturunan asli, harga burung kutilang putih dapat mencapai Rp. 3 juta rupiah.

3. Burung Kutilang Emas

Jenis burung kutilang yang tak kalah menarik ialah jenis burung kutilang emas. Senada dengan namanya, burung ini mempunyai corak warna keemasan yang estetis pada tubuhnya dan waran berpengaruh hitam pekat pada unsur kepalanya.

Burung kutilang emas ini mempunyai nama ilmiah Pycnonotus Melanicterus. Burung yang satu ini pun mempunyai tipikal suara yang nyaring dan sangat disukai di kalangan semua pecinta burung hias. Bagi anda yang hendak memelihara burung kutilang dengan harga terjangkau, burung kutilang emas adalahpilihan yang tepat.

4. Burung Kutilang Mutiara

Burung kutilang yang satu ini ialah jenis kutilang yang coraknya sangat unik dan paling menarik. Terkadang kutilang mutiara ini pun dijuluki dengan kutilang zebra (cucak bersisik) sebab corak hitam putihnya yang khas. Jenis kutilang yang mempunyai nama ilmiah Pycnonotus Squamatus ini tersebar di distrik Jawa, Kalimantan dan pun Sumatera.

Dari tampilan jasmani dan morfologi, kutilang mutiara pun mempunyai ukuran yang lebih kecil dikomparasikan jenis kutilang yang lainnya, yaitu melulu sekitar 15 cm. Keunikan lainnya, burung kutilang mutiara ini mempunyai warna yang bertolak belakang dari jenis lainnya yaitu kekuasaan warna zaitun pada punggungnya.

5. Burung Kutilang Jambul

Jenis burung kutilang ini mempunyai nama latin Pycnonotus Jocosus, dengan karakteristik nya yang berjambul burung kutilang yang satu ini sangat gampang ditemukan di pasar burung dan toko burung. Dari segi fisik, kutilang jambul mempunyai warna hitam, abu-abu sampai kecoklatan pada unsur punggung, dan warna berpengaruh putih pada unsur dadanya.

6. Burung Kutilang Gacor

Sama dengan jenis burung kicau yang lainnya, burung kutilang bakal disebut gacor bilamana kicauannya telah matang dan menghasilkan suara nyaring yang tertata dan rutin. Burung kutilang yang telah melewati proses pemasteran dan diajar serta menemukan nutrisi ekstra akan lebih cepat gacor dan bernilai jual lebih tinggi.

Selain jenis-jenis di atas, masih tidak sedikit lagi sekian banyak jenis burung kutilang, baik yang terdapat di distrik Indonesia maupun di luar Indonesia. Jenis lainnya yang juga lumayan digemari ialah kutilang wilis.

Berapa Daftar Harga Burung Kutilang (Cangkurileung) dalam Berbagai Jenis di Tahun 2024. (Januari, Pebruari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, Nopember, Desember 2024)

Berikut ini merupakan Daftar Harga Burung Kutilang Tahun 2024 dalam berbagi jenis yang ada di koperasi pasar burung, harganya cukup bervariasi s:

1. Harga burung Kutilang Biasa Rp. 50.000 – Rp. 100.000

2. Harga burung Kutilang Sutra Rp. 125.000 – Rp. 500.000

3. Harga burung Kutilang Emas Rp. 75.000 – Rp. 300.000

4. Harga burung Kutilang Jambul Rp. 75.000 – Rp. 200.000

5. Harga burung Kutilang Wilis Rp. 75.000 – Rp. 500.000

6. Harga burung Kutilang Mutiara Rp. 250.000 – Rp. 400.000

7. Harga burung Kutilang Putih Keturunan Asli (Albino Mata Merah) Rp. 3.000.000

8. Kutilang Gacor biasana berkisar antara Rp. 75.000 – Rp. 350.000

9. Harga burung Kutilang Anakan Rp. 20.000 – Rp.60.000.

Demikian informasi tentang Daftar Harga Burung Kutilang (Cangkurileung) Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top