Daftar berkas yang wajib disiapkan pelamar CPNS 2024

Daftar berkas yang wajib disiapkan pelamar CPNS 2024 - 2025

Daftar berkas yang wajib disiapkan pelamar CPNS 2024 – 2025. Pendaftaran CPNS 2021 rencananya akan mula dibuka mulai bulan Mei 2021. Oleh karena itu calon pelamar agar sejak dini sudah mempersiapkan dokumen yang akan diupload di SSCASN. Berkas-berkas ini sangat penting karena akan jadi syarat utama untuk mendaftar CPNS 2021/2022 pada portal SSCASN. Jangan sampai tidak lulus verifikasi administrasi berkas karena kesalahan upload dokumen.

Apa saja daftar berkas yang wajib diupload pelamar CPNS dalam laman SSCN atau SSCASN. Berikut daftar Berkas Yang Wajib Disiapkan Pelamar CPNS 2021/2022 (berkas yang diupload di SSCN) :

1. Scan KTP/Surat Keterangan KTP (ASLI)

Berkas KTP ini sudah wajib lho, karena saat register kita diminta memasukan Nomor Induk Kependudukan. Berkas yang diupload harus KTP atau Surat Keterangan KTP yang asli ya.

2. Scan Ijazah (ASLI) + Akreditasi Universitas dan Prodi

Berkas Ijazah yang diupload harus hasil scan Ijazah Asli, jangan upload hasil fotocopy. Scan Akreditasi Universitas dan Prodi harus sesuai dengan tahun lulus. Ke 3 (tiga) dokumen ini dijadikan 1 file pdf. Untuk S-1 Keperawatan Ijazah yang di upload adalah Ijazah Ners.

3. Scan Transkrip Nilai (ASLI)

Berkas yang diupload harus hasil Scan Transkrip nilai asli, jangan upload hasil fotocopy. Untuk S-1 Keperawatan Transkrip Nilai yang di upload adalah Transkrip nilai Ners.

4. Scan/Upload Pas Photo Diri

Photo yang discan/upload harus jelas wajahnya, berlatar belakang warna merah. Photo ini nanti akan terintegrasi dengan kartu peserta pendaftaran dan kartu peserta ujian.

5. Swa Foto

Yaitu foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.

6. Scan STR (Khusus Tenaga Kesehatan)

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan mengadopsi penerapan soal high order thinking skills (HOTS) untuk ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021/2022. Selama ini HOTS diterapkan pada Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Kini panselnas tengah mengevaluasi soal-soal seleksi tahun lalu. Bukan berarti soal seleksi tahun ini lebih sulit. Hanya menyesuaikan perkembangan dan tantangan masa kini.

Dalam menyiapkan soal tersebut panselnas pun melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kedua kementerian itu pada CPNS 2021/2022 juga anggota panselnas. Instansi tersebut mendapat tugas untuk membuat soal tes.

Tingkat kesulitan tes CPNS tidak berubah. Hanya, soal tes tahun ini memiliki tantangan yang berbeda dari sebelumnya. Istilahnya Kemendikbud dan Kemenristekdikti bentuknya soalnya itu HOTS. Soal HOTS nantinya ada pada tes karakteristik kepribadian (TKP). Jumlahnya 35 soal. Soal-soal tes nantinya akan meminta peserta untuk menilai dan memilih jawaban yang benar dalam menghadapi suatu kasus di kehidupan sehari-hari.

Lima atau 10 tahun yang lalu tidak ada penyebaran ujaran kebencian dan hoax yang luar biasa. Tapi sekarang itu ada. Itu yang membuat soal harus update. Makanya terkesan lebih sulit dari tes tahun sebelumnya. Harapannya, tentu PNS dapat menyesuaikan dengan berbagai tantangan yang ada dalam melayani masyarakat. Kiat agar peserta bisa lolos tes kemampuan dasar (TKD), Mindset-nya adalah sudah jadi pegawai negeri sipil.

Dalam tes tersebut tidak ada jawaban salah. Semuanya benar. Namun, setiap pilihan jawaban memiliki bobot nilai yang berbeda. Mulai 4, 3, 2, dan yang terendah 1. Tidak ada 0. Komposisi soal TKD masih sama seperti 2018. Jumlah 100 soal yang dikerjakan dalam waktu 90 menit. Terdiri dari 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 35 Soal TKP. Test seleksi CPNS 2021 menggunakan platform UNBK (ujian nasional berbasis komputer).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top