Cara Merawat Burung Yang Baru Beli Dari Pasar

 
Bagaimana cara Merawat Burung Yang Baru Beli Dari Pasar Burung ? Pernah membeli burung di pasar burung? Ada sebagian dari kawan kicau mania yang mungkin pernah mengalami perasaan kecewa yaitu mengenai pengalaman membeli burung baik dari pasar burung, dari sesama teman penggemar burung ataupun dari penangkaran dan hanya selang berapa hari sejak membeli burung tersebut, 7 hari, 5 hari bahkan hanya selang 3 hari tiba-tiba burung mati.

Berikut ini Tips Cara Merawat Burung yang Baru Beli dari pasar burung:

Tips pertama adalah kalau kita membeli burung dari pasar biasanya bisa dimasukan dalam kardus yang memiliki sirkulasi udara yang cukup agar selama di perjalanan burung tidak mengalami stress, namun lebih bagus jika membelinya sekalian dengan sangkar/kandangnya dan dikeredong atau jika sempat persiapkan kandang dari rumah. Apabila membawa dengan menggunakan kandang/sangkar maka sangkar yang berisi burung haruslah dikeredong dengan alasan yang sama agar selama di perjalanan burung tidak mengalami stress. Dan jangan lupa selama di perjalananpun burung diberikan pakanan sesuai dengan makanan dimana membeli burung. 
Tips kedua, ketika sudah sampai di rumah, keredong jangan langsung dibuka, biarkan terlebih dahulu sekitar 1-2 jam, setelah itu lalu dibuka dan dianjurkan dipindahkan ke kandang yang tidak terlalu besar, biarkan selama 1-2 jam kandang dibuka dan kemudian dikeredong kembali selama semalam dan itu dilakukan selama 4-7 hari (seminggu). 
Tips ketiga, selama dalam pengeredongan, makanan tetap diberikan dengan kualitas yang berprotein, seperti kroto, ulat hongkong, jika burung pemakan buah berilah buah yang segar setiap hari dan jangan lupa untuk minumannya campurlah vitamin dan juga dengan obat anti stress (banyak dijual di took burung), namun burung yang baru dibeli biasanya tidak terlalu langsung mau makan karena masih beradaptasi terlebih dahulu. 
Tips keempat, Jangan memandikan burung, sekalipun burung yang baru dibeli dari pasar biasanya kondisinya kotor mulai dari kaki, paruh, bulu ekor, bulu sayap kepala dan hampir seluruh tubuhnya, jika memungkinkan bersihkan terlebih dahulu ala kadarnya (bukan mandi), hanya bagian yang kotor-kotor saja dan jangan sampai terlalu basah atau bisa juga dibiarkan saja, yang penting disiapkan air dalam cepuk ukuran proporsional untuk mandi, karena ketika si burung merasa ingin mandi maka akan mandi dengan sendirinya. 
Tips kelima,buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung artinya jangan sampai burung merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya penggoda yang memang sengaja menggoda atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan burung. Maka letakkan burung di tempat yang sepi, aman dan nyaman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top