Burung Anis Tanimbar (Zoothera Schistacea)

Burung Anis Tanimbar (Zoothera Schistacea)



Burung Anis Tanimbar (Zoothera schistacea, A. B. Meyer, 1884) – Slaty-backed Thrush, Tanimbar Thrush

Di pulau Tanimbar juga terdapat satu jenis burung Burung Anis, yang saat ini populasi burung ini semakin terancam kehidupannya, akibat perambahan hutan dan perburuan terhadap burung ini. 
Anis Tanimbar, hanya ditemukan (hidup) di pulau Tanimbar, namun saat ini tingkat populasi berbagai jenis burung langka yang dilindungi di pulau Yamdena –Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) belakangan ini mulai menurun. Penurunan ini disebabkan habitat satwa yang dilindungi tersebut mulai dirusak dengan adanya penebangan hutan yang tak terkendali di wilayah ini.
Di pulau Yamdena terdapat berbagai jenis burung dan beberapa di antaranya termasuk burung endemik yang tidak terdapat di tempat lain, seperti kakak tua tanimbar (Cacatua goffiniana), burung hantu putih (family Tytonidae), nuri merah Tanimbar kecil (Eos reticulata) dan beberapa jenis lainnya.
Sayangnya populasi burung ini dinilai mulai menurun seiring adanya pembukaan lahan hutan yang tak terkontrol di kabupaten yang sudah dimekarkan satu dekade lebih ini. Perusakan lahan hutan ini menjadikan habitat jenis burung langka ini menjadi terusik,
Berdasarkan data, Pulau Yamdena merupakan salah satu wilayah populasi yang bagus bagi perkembangan berbagai jenis burung, akan tetapi tingkat populasi burung tersebut saat ini mulai menurun dan sulit ditemukan. Ini terbukti ketika dilakukan pengamatan selama beberapa hari di hutan Yamdena.
Sebagaimana diketahui, di Pulau Yamdena terdapat 10 jenis burung endemik yang tidak ada di tempat lain di dunia, antara lain, Kakatua Tanimbar (Cacatua goffiniana), Nuri Tanimbar (Eos reticulata), Perling Tanimbar (Aplonis crassa), Ceret Tanimbar (Cettia carolinae), Sikatan perut emas (Microeca hemixantha), Kipasan Tanimbar (Rhipidura ophistherythra), Anis Tanimbar (Zoothera schistacea), Gosong Tanimbar (Megapodius tenimberensis), dan Anis Larat (Zoothera machiki) serta burung hantu putih (family Tytonidae).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top