Burung Anis Sulawesi

Burung Anis Sulawesi (Cataponera turdoides) adalah spesies burung dalam famili Turdidae. Burung ini endemik di Indonesia dan hanya di temukan di hutan dataran tinggi Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1100 meter dari permukaan laut.

Nama latin Burung Anis Sulawesi adalah Cataponera turdoides Hartert, 1896. Burung satu-satunya anggota genus Cataponera ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Sulawesi Thrush atau Celebes Mountain Thrush.
Burung Anis  ini, termasuk unik, karena penampilannya rada berbeda dengan jenis Burung Anis pada umumnya. Tubuh terlihat panjang, paruh tebal dan agak panjang.
Burung Anis ini hanya ditemukan di pulau Sulawesi, dan terdiri dari 4 subspecies, yaitu:
abditiva Riley, 1918 – Sulawesi Utara dan Tengah
tenebrosa Stresemann, 1938 – Sulawesi Selatan
turdoides Hartert, 1896 – Sulawesi sebelah Barat Laut
heinrichi Stresemann, 1938 – Sula­wesi sebelah Timur Laut
Habitat burung Anis ini adalah hutan pegunungan dataran tinggi pada ketinggian antara 1100 hingga 2400 meter dpl. Biasa ditemukan hidup sendiri atau dalam kelompok kecil yang terdiri kurang dari empat individu. Kacang juga bercampur dengan burung-burung jenis lainnya. Makanan burung endemik ini adalah buah-buahan.
Ciri Burung Anis ini antara lain: tubuhnya berukuran sedang yakni berkisar antara 20-25 cm, bulu tubuhnya secara umum terlihat berwarna coklat dan seperti bertudung, memiliki mahkota berwarna coklat tua dengan garis berwarna hitam di atas mata, serta memiliki paruh dan lingkaran mata berwarna jingga. Selain itu kulit kaki Burung Anis ini  pada umumnya yang juga berwarna jingga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top