Burung Anis Cendana

BURUNG ANIS CENDANA 
 
Burung Anis Cendana (Zoothera peronii, Vieillot, 1818) – Orange-banded Thrush
Untuk jenis ini, tergolong agak baru dikenal kalangan penggemar burung Indonesia, kalau tidak salah burung ini baru mulai populer sekitar tahun 2000-an, awal diperkenalkan di pedagang burung pulau Jawa. Suara kicauannya tergolong bagus, mampu menyerap berbacai macam suara masteran, namun gayanya yang unik “gaya nungging” agak mengurangi penampilannya di kontes burung. Walau begitu Burung Anis Cendana tetap menjadi salah satu favorit untuk dijadikan koleksi peliharaan.
Anis Cendana ini hanya ditemukan di Indonesia, terdiri dari 2 subspecies, yaitu: Zoothera peronii peronii (Vieillot, 1818) – pulau Roti dan Timor Barat. Zoothera peronii audacis (Hartert, 1899) – Timor Leste (dulu Timor Timur), pulau Wetar dan Romang Timur sampai ke Babar.
Berikut Tips dan Cara Merawat Anis Cendana agar cepat bunyi, Rajin Ngoceh dan Cepat Gacor adalah sebagai berikut: 1) Langkah pertama adalah pastikan Anis Cendana yang kita miliki berjenis kelamin jantan, cara membedakan jantan dan betina bagi yang sudah faham mungkin tidak masalah, namun yang masih memerlukan akan diuraikan di bawah. 2) Perawatan harian, sebagaimana burung lainnya burung dikeluarkan pada pagi hari seusai Subuh ketika matahari belum terbit agar pada saat matahari terbit bisa memancing Anis Cendana berlatih ngeplong; 3) Selanjutnya burung dimandikan setiap pagi sekitar jam 7an dengan semprot, atau bisa juga sediakan cepuk mandi yang bisa diletakkan di kandang karena burung jenis Anis Cendana juga termasuk burung yang suka mandi jika disedikan air, untuk itu jika burung sudah mandi cepuk kembali diambil, namun perlu diingat sebelum dimandikan terlebih dahulu berikan kroto 1 sendok the dan juga cacing tanah cukup 2 ekor saja
Setelah dimandikan Anis Cendana lalu: 1) angin-anginkan sekedar 5-10 menit dan kemudian lakukan penjemuran selama kurang lebih 1-2 jam; 2) Sediakan makanan yang cukup, berupa voer yang berkualitas; 3) Berilah makanan tambahan (EF: Extra Food) berupa jangkrik setiap pagi/sore 4 – 5 ekor, bisa ulat hongkong cukup 2-3 ekor sehari; 4) Dan yang tidak kalah penting buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah dan aman serta nyaan bagi burung, seperti misalnya; ketika gita gantung seusai dimandikan kondisi cuaca tidak terlalu panas mungkin tidak masalah, namun mungkin berbeda ketika kondisi matahari udah siang hari yang mengakibatkan burung kepanasan maka hendaknya pindah dan carilah tempat yang lebih teduh agar burung lebih terasa nyaman.
Sebagai salah satu cara untuk memancing agar Anis Cendana mau berbunyi hendaknya dilakukan pemasteran dengan sesama burung Anis Cendana yang kondisinya sudah rajin, atau bisa juga dimaster dengan menggunakan suara burung Anis Cendana dalam bentuk MP3.
Bagaiamana Cara Membedakan Jenis Kelamin Anis Cendana. Beberapa pakar telah banyak menyampaikan paparannya perihal cara membedakan jenis kelamin Anis Cendana yang memang agak susah untuk membedakan antar jantan dan betinanya, namun sebagaimana jenis Anis lainnya ada yang bisa dijadikan sebagai patokan dalam membedakannya, diantaranya: secara fisik pada saat berdiri jantan lebih tegak dan kaki lebih rapat sedangkan betina lebih terkesan jongkok. Untuk jantan, body lebih ramping dan tudak bulat. Warna bulu jantan lebih terang dan kontras serta Jika dicermati mata Anis Cendana jantan lebih belok (melotot) sedangkan betina tidak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top