Burung Anis Buru

Burung Anis Buru (Zoothera Dumasi)
Burung Anis Buru (Zoothera Dumasi), Rothschild, 1899) – Buru Thrush
Salah satu keluarga Burung Anis juga ada di wilayah Tengah Indonesia. Penampilan sekilas juga mirip dengan Burung Anis Kembang, namun postur tubuh sedikit lebih panjang.

Burung Anis Buru ditemukan di pulau Buru dan sebelah barat pulau Seram, yang berada di wilayah Maluku. Burung Anis Buru terkait erat dengan Burung Anis Seram, karena terdapat banyak kemiripan, tapi oleh para peneliti Burung Anis Buru dan Burung Anis Seram dipastikan sebagai dua species yang berbeda.
Burung Anis Buru dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Buru Thrush. Burung ini merupakan spesies burung dari family Turdidae. Burung ini secara tradisional kadang dicampuradukkan dengan burung Anis Seram (Zoothera joiceyi) sebagai subspesies dengan nama “burung Anis Maluku”.
Burung Anis Buru merupakan jenis burung berbadan kecil yang memiliki panjang tubuh sekitar 17 cm dengan bulu tubuh bagian atas yang berwarna cokelat zaitun. Burung ini merupakan burung endemik daerah Pulau Buru.
Habitat burung anis buru adalah di daerah pegunungan hutan hujan di Pulau Buru, Maluku, dengan ketinggian sekitar 725 hingga 1500 m di atas permukaan laut. Mereka biasanya mencari makan di permukaan tanah hutan dalam secara berpasangan atau sendirian.
Menurut data Red List IUCN, populasi burung anis buru berada pada status “Hampir Terancam (Near Threatened)”. Salah satu penyebab minimnya jumlah burung anis buru adalah karena daerah penyebarannya yang hanya terbatas di Pulau Buru saja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top