Destinasi Wisata Labuan Bajo

Kawasan Destinasi Wisata Labuan Bajo

Kawasan Destinasi Wisata Labuan Bajo yang ada di Flores, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) diproyeksi akan menjadi destinasi wisata premium di masa depan dengan segala potensi dan daya tarik wisata yang berbeda dari yang lainnya.

Labuan Bajo selama ini dikenal sebagai pintu gerbang untuk menuju Pulau Komodo dan Taman Nasional Komodo, taman konservasi biawak purba raksasa Komodo yang merupakan warisan dunia versi UNESCO. Ekowisata ini tentu akan terus mengundang wisatawan untuk datang. Namun jika menyoal potensi keseluruhan wisata di Labuan Bajo, maka kita akan bicara lebih dari itu.

Potensi kawasan Labuan Bajo berpusat pada kecantikan bahari, petualangan alam, budaya masyarakat, hingga kehidupan liar di kawasan ini. Ada banyak cara untuk menikmatinya, baik dengan boat tour atau land tour. Di Puncak Waringin pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan pemandangan deretan kapal-kapal di Labuan Bajo dari ketinggian. Ada pula opsi berlayar atau live-on-board di kapal pinisi dan berkeliling ke pulau-pulau terdekat seperti Pulau Padar, Pulau Kelor dan Gili Lawa. Para wisatawan juga bisa berkunjung atau berlayar ke Pulau Rinca dan Pulau Komodo untuk melihat hewan purba Komodo di habitat aslinya.

Kawasan Labuan Bajo juga bisa menjadi surga bagi para pecinta wisata yang penuh dengan petualangan seperti diving dan snorkeling. Kawasan ini dianugerahi dengan banyak spot diving seperti di Manta Point, Kanawa Island dan Taka Makassar. Ada juga Pink Beach yang memiliki warna pasir dan laut yang menawan. Jika ingin bersantai, di kawasan Labuan Bajo ada banyak hotel dan resor dengan pemandangan indah yang bisa menjadi opsi untuk para wisatawan.

Destinasi Wisata Labuan Bajo

Kawasan Destinasi Wisata ini juga memiliki kearifan lokal dalam bentuk kuliner, kesenian, budaya kehidupan sehari-hari dari masyarakat di Pulau Flores. Untuk melihat kearifan lokal dan bagaimana masyarakat asli dan budaya mereka sehari-hari, wisatawan bisa berkunjung ke sejumlah desa wisata di DSP Labuan Bajo termasuk Desa Wisata Wae Rebo, Desa Cancar, Desa Bena dan Desa Liang Ndara.

Dengan segala keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang dimiliki, Destinasi Wisata Labuan Bajo berpotensi dikembangkan sebagai kawasan wisata yang otentik dan eksklusif – bukan destinasi wisata massal dan masif. Kawasan ini berpotensi menarik kelompok wisatawan dengan segmentasi tersendiri seperti penyuka konservasi, penggemar bahari, hingga mereka yang gemar dengan petualangan. Secara posisi geografis, kawasan DSP ini berpotensi menarik lebih banyak wisatawan dari Australia dan negara-negara Oceania lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top