Cara Merawat Burung Murai Batu

Cara Merawat Burung Murai Batu


Cara Merawat Burung Murai Batu. Sebelum mengetahui cara merawat burung murai batu. Terlebih dahulu shabat koperasi burung (copasburung), perlu mengetahui Jenis burung murai batu. Sahabat pasti sudah tidak asing mendengar dengan murai batu (Copsychus malabaricus). Burung ini bisa di bilang salah satu jawara / favorit di arena perlombaan.

Sahabat, ada 6 jenis murai batu yang paling dicari saat ini, hal ini di karenakan jenis burung ini mempunyai kualitas unggul. Berikut 6 jenis burung murai batu paling diminati :
1. Murai Batu Medan
Murai batu medan ini adalah paling diminati oleh para kicau mania, suaranya termasuk yang paling baik. Burung ini banyak ditemukan di Bukit lawang, bahorok kaki gunung leuser provinsi sumatr utara.ukuran burung ini cukup besar ukuranya 27-30 cm, badannya sangat terlihat kokoh.
2. Murai Batu Nias
Murai batu Nias ini bisa dibilang burung paling cerdas, karna proses pemasterannya tidak terlalu suli, dan mudah meniru suara burung disekitarnya.
3. Murai Batu Lampung
Jenis yang satu ini sudah terbilang agaj susah ditemukan di alam bebas. Hal ini yang menyebabkan harga burung ini melambung.Murai batu lampung memiliki buntut yang tidak terlalu panjang.
4. Murai Batu Jambi
Murai batu jambi terlihat mirip dengan murai batu lampung, perbedaannya pada bentuk tubuh murai batu jambi yang lebih kecil. Burung ini dapat di temui di daerah bengkulu, jambi dan sumatera selatan.
5.Murai Batu Aceh
Murai batu ini terkenal dengan kecantikan tubuhnya,namun burun ini semakin jarang ditemui di alam , dan terancam punah. Harga murai batu ini bisa mencapai 5 juta per ekor.Habitat asli burung ini adalah di kaki gunung leuser .
6. Murai Batu Jawa.
Burung ini biasa disebut larwo, kadang dianggap bukan dari keluarga murai batu. Namun jika diurutkan silsilahnya, larwo masih masuk kedalam keturunan Capshycus atau masih satu keturunan dengan murai batu.
Bagaimana Cara Merawat Burung Murai Batu


Bagaimana Cara Merawat Burung Murai Batu ?

Sahabat, sudah tahu Cara Merawat Burung Murai Batu ? Kali ini sedikit membahasa cara merawat burung murai batu. Banyak sekali tips merawat burung murai batu, karna merawat burung ini bisa dibilang cukup sulit untuk pemula, porsi perawatan setiap burung juga hampir berbeda. Burung jawara ,yang sedang mabung dan burung bakalan pun harus mendapat perawatan khusus.
Kepopuleran burung murai batu ini terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini bisa di lihat dari harga burung ini yang terus meroket. Ini menjadi satu lahan usaha yang cukup potensial untuk para peternak burung.
Cara Merawat Burung Murai Batu hampir sama dengan burung lainya . Namun pada murai batu bakalan tentu perawatan nya berbeda, dianginkan,dimandikan, dijemur dan melakukan pemasteran.Namun porsi pakan dan waktu berbeda-beda. Berikut ini beberapa tips atau cara merawat burung murai batu untuk pemula :
·         Keluarkan burung murai batu pada jam 07.00
·         Lalu angin-anginkan burung selama 30 menit,selama dianginkan bisa kita berikan jangkrik cukup 5 ekor saja.
·         Pada pukul 07.30 mandikan burung dengan spray, ingat jangan spray bagian wajah burung. Spray burung pada bagian pundak nya.Selama proses pemandian, ganti air yang terdapat di dalam kandang dan tambahkan makan pada wadah yang sudah disediakan.Bersihkan juga kotoran yang terdapat di kandangnya.
·         Setelah pemandian jangan langsung dijemur ,anginkan lagi selama 10 menit.
·         Jemur burung pada pukul 08.00 sampai jam 10.00 ,pastikan bulu burung sudah kering.
·         Setelah penjemuran burung dianginkan lagi selama 5 menit, dalam proses ini kita bisa memberikan extra fooding yaitu kroto, cukup berikan sebanyak 1 sendok teh.
·         Lalu krodong burung pada pukul 11.00 – 14.30
·         Selama proses krodong, bisa kita lakukan pemasteran , dengan volume yang sedikit lebih kencang.
·         Pada pukul 14.30 buka krodong burung , lalu berikan lagi jangkrik 5 ekor.
·         Angin-anginkan lagi burung sampai pukul 17.00
·         Kemudian kerodong kembali burung murai batu ini.
·         Lakukan proses pemasteran selama dikrodong.lakukan dari jam 19.00-22.30
·         Selanjutnya matikan suara pemasteran, biarkan burung murai batu istirahat sampai esok pagi.
Tips Cara Merawat Burung Murai Batu



Itulah tips Cara Merawat Burung Murai Batu, namun perlu ditambahkan bahwa pada proses penjemuran dan pemandian bisa juga dilakukan dikandang umbaran. Untuk makanan burung Murai Batu, Bisa tambahkan obat untuk bulu burung pada air yang digunakan untuk memandikan burung. Supaya terhindar dari kutu dan penyakit kulit lainnya. Extra fooding di berikan sesuai kebiasaan saja atau tidak ada takaran khusus dalam hal ini. Serta kalau bisa berikan multivitamin 1 minggu sekali ,cukup dicampur di makanannya.

Demikianlah cara merawat burung murai batu, semoga dapat menambah wawasan. Intinya Cara merawat burung murai batu ini dilakukan sesuai kebiasaan dan untuk hasil yang maksimal lakukan dengan rutin. Salam kompak untuk sahabat dan Anggota Koperasi Pasar Burung (copasburung). 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top