Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun PAT SAT Al-Quran Hadist Kelas 10 MA Tahun 2025. Asesmen/penilaian sebagai suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu. Menurut Popham (1995), asesmen/penilaian sebagai suatu upaya formal untuk menetapkan status peserta didik terkait dengan sejumlah variabel minat (variables of interest) dalam pendidikan. Sedangkan menurut Mundilarto (2012) bahwa proses asesmen/penilaian (assessment) mencakup pengumpulan bukti-bukti atau informasi yang menunjukkan tingkat pencapaian belajar peserta didik.
Definisi asesmen/penilaian
oleh para ahli dan tokoh yang dimaksud disini adalah proses pengumpulan
informasi terkait ketercapaian hasil belajar peserta didik serta efektivitas
proses pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil dari asesmen/penilaian ini
dapat digunakan sebagai acuan pemberian keputusan terhadap hasil belajar
peserta didik untuk dikembangkan atau diperbaiki. Sutomo (1985) mengemukakan
bahwa dalam proses pembelajaran, seorang guru harus menentukan tujuan
pembelajaran. Setelah menentukan tujuan, guru melaksanakan pembelajaran. Untuk mengetahui
keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari kemampuan peserta didik
dalam penguasaan materi yang telah diberikan melalui kegiatan asesmen/penilaian.
Tujuan asesmen/penilaian
hasil belajar peserta didik adalah (1) melacak kemajuan peserta didik, (2)
mengecek ketercapaian kompetensi peserta didik, (3) mendeteksi kompetensi yang
belum dikuasai oleh peserta didik, dan (4) menjadi umpan balik untuk perbaikan
bagi peserta didik. Oleh karena itu, dengan asesmen/penilaian dapat diketahui
perkembangan hasil belajar peserta didik menurun atau meningkat; apakah peserta
didik telah menguasai kompetensi tersebut ataukah belum; dan kompetensi mana
yang belum atau yang telah dikuasai. Untuk mendapat informasi yang cukup dan
akurat melalui asesmen/penilaian diperlukan instrumen asesmen/penilaian yang
baik. Seorang guru dalam membuat instrumen asesmen/penilaian perlu
memperhatikan karakteristik instrumen asesmen/penilaian yang baik.
Ada dua syarat utama
karakteristik instrumen asesmen/penilaian yang baik yaitu, (1) valid, suatu
instrumen dapat dikatakan valid jika benar-benar mengukur apa yang hendak
diukur secara tepat; dan (2) reliabel, suatu instrumen dapat dikatakan reliabel
jika instrumen itu menghasilkan hasil yang relatif stabil atau ajeg (konsisten).
Dalam penelitian ini, syarat yang menjadi indikator kelayakan instrumen asesmen/penilaian
peta konsep yaitu dari segi validitas isi oleh asesmen/penilaian ahli dan
reliabilitasnya.
Tugas guru dalam
melaksanakan asesmen/penilaian terhadap peserta didiknya tentang kemampuan
belajar, sikap, keterampilan, sifat, bakat minat, dan kepribadian, dapat
menggunakan dua macam cara asesmen/penilaian, yaitu teknik asesmen/penilaian
tes dan teknik asesmen/penilaian nontes. Teknik asesmen/penilaian tes digunakan
untuk menilai kemampuan peserta didik mencakup pengetahuan hasil belajar,
kesanggupan mental, keterampilan, bakat minat, dan bakat umum (intelegensi).
Sementara, asesmen/penilaian nontes merupakan asesmen/penilaian tanpa
menggunakan tes yang digunakan untuk menilai kepribadian anak secara
menyeluruh.
Teknik asesmen/penilaian tes
ini digunakan untuk mengukur struktur kognitif peserta didik yang termasuk
dalam pengetahuan hasil belajar peserta didik. Dalam pelaksanaan asesmen/penilaian,
terdapat bermacam-macam instrumen asesmen/penilaian seperti tes hasil belajar,
tes bakat minat, tes intelegensi, pedoman wawancara, lembaran pengamatan,
angket, dan kartu sosiometri.
Terdapat instrumen asesmen/penilaian
lain yang sudah dikembangkan yaitu berupa peta konsep. Dalam penelitian ini
proses asesmen/penilaian dilakukan menggunakan instrumen peta konsep untuk
mengukur struktur kognitif peserta didik.
Berikut ini adalah Contoh
atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir
Tahun Al-Quran Hadist Kelas 10 MA Tahun 2024
A. Kuno
B. Baru
C. Perintah
D. Aturan
E. Tertulis
2. Hadits adalah ucapan, perbuatan, dan taqrir Nabi Muhammad yang berhubungan dengan hukum. Pengertian ini adalah menurut …
A. ahli hadits
B. tabi’in
C. ahli usul fiqh
D. para sahabat
E. ahli fikih
3. Menurut mayoritas ulama, pengertian hadis dalam pengertian luas adalah segala yang disandarkan kepada …
A. nabi saja
B. sahabat dan ulama
C. nabi, sahabat dan tabi’in
D. sahabat, tabi’in, dan ulama
E. orang Islam secara umum
4. Sunah yang diartikan lawan dari bid’ah adalah pengertian menurut ……..
A. ahli hadits
B. ahli fikih
C. ahli hukum
D. ahli mauidzah
E. ahli tafsir
5. Ulama yang membatasi pengertian sunah hanya yang terkait dengan masalah hukum saja adalah golongan ulama ……..
A. ahli fikih
B. usul fiqh
C. muhadisin
D. ahli nahwu
E. ahli dakwah
6. Pada umum nya para ulama mengklasifikasikan bentuk sunah di antaranya di bawah ini kecuali.....
A. sunah qauliyah
B. sunah taqririyah
C. sunah mu’akkadah
D. sunah hammiyah
E. sunah fi’liyah
7. Sunah yang ditunjukkan oleh perbuatan Nabi disebut ……..
A. sunah mu’akkadah
B. sunah hasanah
C. sunah qauliyah
D. sunah fi’liyah
E. sunah taqririyah
8. Salah satu contoh sunah hammiyah adalah …
A. Nabi lahir tahun gajah
B. rencana Nabi puasa tanggal 9 Asy-Syura
C. Nabi adalah manusia yang paling sempurna
D. Nabi mendiamkan sahabat yang memakan “Dab”
E.
9. Sahabat Ali berkata “Meletakkan tangan di bawah pusar ketika salat itu sunah” pernyataan itu dapat dijadikan contoh ……..
A. hadits
B. khabar
C. asar
D. sunah
E. hadits qudsi
10. Doa yang dimaksud “doa ma’sur” adalah doa yang ……..
A. banyak dibaca ulama
B. diajarkan kepada oleh umum
C. disusn berdasarkan bab
D. dinukil dari Nabi
E. wajib dibaca ketika salat
11. Salah satu ciri hadits qudsi adalah ……..
A. diriwayatkan oleh Bukhari
B. diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim
C. terdapat kata-kata yang menyandarkan kepada Allah
D. langsung diriwayatkan Nabi
E. diterima oleh Nabi dan disampaikan kepada sahabat
12. Salah satu yang membedakan hadits qudsi dengan Al-Qur’an adalah ……..
A. semua ayat Al-qur’an mukjizat dan mutawatir
B. Al-qur’an diturunkan melalui Nabi Muhammad
C. hadis qudsi yang membawanya harus wudu
D. hadits qudsi susunan redaksinya dari Allah SWT
E. Membaca Al Qu’ran merupakan ibadah sedang membaca hadits qudsi tidak di nilai ibadah
13. Mata rantai para perawi hadits yang menghubungkan dengan matan hadits disebut...
A. matnul hadits
B. ruwwatul hadits
C. sanad
D. rawi
E. ahsanul asanid
14. Pengertian musnad adalah …….
A. karya para musnid
B. orang yang menyandarkan hadits
C. para perawi hadits
D. yang diriwayatkan dari nabi
E. orang yang belajar hadits
15. Matan hadits dapat dipahami sebagai ……..
A. syarah hadits
B. susunan para perawi
C. isi hadits
D. konteks hadits
E. sistem penerimaan hadits
16. Yang di maksud dengan rawi pertama adalah....
A. Abu Bakar As Siddiq
B. Nabi Muhammad SAW
C. Tabi’in
D. Sahabat
E. Bukhari dan Muslim
17. Pengertian Dabit adalah ……..
A. balig dan beragama Islam
B. adil
C. banyak meriwayatkan hadits
D. mempunyai daya ingat yang kuat
E. tidak melakukan dosa besar
18. Ilmu yang membahas para perowi hadis di sebut……..
A. Ilmu ruwwatul hadits
B. Ilmu matnul hadits
C. Ilmu ahsanul hadits
D. Ilmu sanad al-hadits
E. Ilmu rijal al hadits
19. Hal-hal yang dibahas dalam ilmu rijalul hadits adalah ……..
A. sejarah hadits daif
B. para sahabat
C. kitab-kitab hadits hasan
D. riwayat hidup para perawi
E. sejarah singkat ulama hadits
A. ألكتا ب والسنة
B. ألقران والحديث
C. كتا ب الله و سنة رسو له
D. كتا ب الله تعا لى
E. كتا ب الله وسننه
21. Hadits tersebut diatas menjelaskan tentang …
A. kelompok ingkar sunah
B. fungsi Al-qur’an
C. kedudukan Al-qur’an dan hadits
D. fungsi Al-qur’an dan hadits
E. fungsi Al-qur’an
22. Sanad mempunyai beberapa fungsi di bawah ini di antaranya adalah ……..
A. memberikan kesempatan rawian hadits
B. memudahkan periwayatan
C. mempertanggung jawabkan kebenaran atau kesahihan hadits
D. meningkatkan hukum yang telah ada dalam hadits
E. menperketat para perowi hadits
23. Di tinjau dari segi lughowi matan berarti, kecuali ……..
A. membelah
B. mengeluarkan
C. punggung jalan
D. tanah gersang atau tandus
E. tanah subur
24. Hadits merupakan sumber hukum islam. Maksud dari pernyataan tersebut adalah ....
A. Sebagai kitab yang memuat hukum
B. Sebagai kitab yang memuat hukum perdata
C. Sebagai kitab yang memuat hukum pidana
D. Sebagai petunjuk yang berisi hukum yang berkaitan dengan kehidupan dunia dan akhirat
E. Semua jawaban salah
25. صلوا كما رأ يتمو نى أ صلى
Adalah contoh sunah....
A. qauliyah
B. fi’liyah
C. taqririyah
D. hammiyah
E. muakkadah
26. Jumhur ulama bersepakat hokum menggunakan dan mempercayai hadits mutawatir adalah......
A. mubah
B. wajib
C. sunah
D. jaiz
E. makruh
27. Hadits ahad adalah hadits yang rawinya ……..
A. para sahabat
B. para tabi’in
C. tidak mencapai derajat mutawatir
D. banyak orang
E. beberapa orang
28. Maksud pernyataan tersebut adalah ……..
B. berdasarkan kebiasaannya tidak berbohong
C. biasanya orang banyak itu saling membohongi
D. rowi yang banyak yang menurut kebiasaannya mustahil berbohong
E. orang yang banyak itu mungkin berbohong
29.Ciri-ciri hadits mutawatir di antaranya ……..
A. menggunakan kata
B. diriwayatkan oleh amirul mu’minin
C. rawi pertamanya Nabi Muhammad SAW
D. haditsnya diriwayatkan Bukhari-Muslim
E. berdasarkan tanggapan panca indra
30. Imam Syafi’i membatasi minimal rawi hadits mutawatir adalah ….
A. 4 rawi
B. 5 rawi
C. 20 rawi
D. 10 rawi
E. 40 rawi
31. Hadits yang diriwayatkan oleh tiga orang atau lebih dan belum mencapai derajad mutawir disebut hadits ……..
A. hasan
B. sahih
C. aziz
D. masyhur
E. ahad
32. Rawi hadits yang menyendiri terhadap para perawi lain dalam hal sifat-sifat atau keadaan tertentu, maka haditsya disebut ……..
A. garib nisbi
B. hasan mutlaq
C. masyhur nisbi
D. aziz mutlaq
E. garib mutlaq
33. Berikut ini yang bukan syarat-syarat hadits sahih adalah ……..
A. sanadnya tidak terputus
B. dabit
C. tidak mempunyai illat
D. bersumber dari sahabat nabi
E. tidak janggal
34. Rawi yang memiliki sifat adil dan dabit disebut....
A. rawi maqbul
B. rawi siqqah
C. rawi sahih
D. rawi hadits
E. rawi adil
35. Tingkatan yang tertinggi dalam hadits sahih berdasarkan kedabitan dan keadilan para perawinya adalah ……..
36. Hadits yang tidak memenuhi syarat shahih karena hilang nya salah satu syarat yang ada disebut dengan hadits
A.sahih
B. hasan
C. dhaif
D.mutawatir
E. ahad
37. Pengertian hadits di tinjau dari segi kuantitas adalah
A. menilai hadits dari sisi jumlah rowi yang meriwayat kan
B. menilai hadits dari segi siapa sanad nya.
C. melihat dari segi matan nya
D. melihat dari segi kandunganya
E. melihat dari segi di tolak atau di terimanya suatu hadits
38. Arti kata حنفاء dalam Q.S. Al-Bayyinah adalah …
A. tekun beribadah
B. bersatu
C. semangat
D. ikhlas
E. lurus
39. Berikut ini yang merupakan ibadah yang diperintahkan dalam surah Al-Bayyinah ayat 5 adalah ……..
A. salat dan infak
B. salat dan zakat
C. salah dan haji
D. zakat dan puasa
E. zakat dan haji
A. ihlas
B. riya’
C. takabur
D. khusu’
E. sum’ah
41. Arti kata وبذ لك أمر ت pada Q.S Al-An’am : 163 adalah …
A. demikianlah perintah Allah menjadi jelas.
B. demikianlah Allah memerintahkan
C. demikianlah yang diperintahkan kepadaku
D. demikianlah ketentuan yang diberikan Allah
E. demikianlah kita diperintahkan Al-Qur’an
42. Kandungan yang terdapat QS. Al-Bayyinah ayat 5, bahwa ibadah seseorang dapat diterima jika disertai ……..
A. kesungguhan dan tidak putus asa
B. pengulangan yang aktif dan tekun
C. ikhlas
D. sabar dan tawakal
E. khusyuk dan tawaddu’
43. Kata نسكى pada QS. Al-An’am ayat 162 artinya ……..
A. shalatku
B. hidupku
C. matiku
D. ibadahku
E. amalanku
44. وأنا أول ا لمسلمين Potongan ayat diatas artinya, “Dan aku adalah orang yang pertama-tama....
A. beribadah kepada Allah
B. minta perlindungan kepada Allah
C. menyerahkan diri kepada Allah
D. mohon pertolongan hanya kepada Allah
E. mohon syafaat dari Allah.
45. Contoh tauladan yang diikuti Nabi Muhammad ketika mengajak umatnya beriman kepada Allah adalah ……..
A. Nabi Sulaiman
B. Nabi Musa
C. Nabi Isa
D. Nabi Ibrahim
E. Nbai Nuh
46. Kata shalat disebut lagi setelah kata nusuk (ibadah), padahal shalat juga termasuk ibadah hal demikian menurut ahli tafsir bermakna.....
A. shalat sebagai kewajiban
B. pentingnya shalat dalam kehidupan manusia
C. shalat adalah tujuan hidup
D. shalat merupakan ibadah wajib
E. shalat dilakukan secara rutin
47. Kata مخلصين yang terdapat pada QS. Al-Bayyinah : 5 artinya ……..
A. tidak di perintah
B. amanah
C. dengan baik
D. dengan ihlas
E. melaksanakan
48. Memberi makna ikhlas yang paling tepat adalah......
A. melakukan aktifitas tanpa minta imbalan apapun
B. melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain
C. menolong sesama manusia yang paling memerlukan
D. menyelamatkan manusia dari kesesatan
E. usaha memurnikan dan menyucikan hati supaya benar-benar terarah kepada Allah
49. Merupakan salah satu syarat diterimanya suatu ibadah, diantaranya ……..
A. adanya semangat
B. konsentrasi
C. terjaga dari pengaruh sikap jelek
D. memiliki niat yang kuat
E. ikhlas
50. Arti kata دين القيمة pada QS. Al-Bayyinah ayat 5 adalah ……..
A. agama yang lurus
B. agama yang baik
C. agama yang jelas
D. agama yang murni
E. agama asli
51. Al-Qur’an ditinjau dari segi bahasa (etimologi) artinya….
A. pedoman
B. ungkapan
C. pernyataan
D. bisikan
E. bacaan
52. القران هو الكتاب المكتوب فى المصاحفو ظ فى صدورمن عنى بحفظه من المسلمين
Pengertian Al-qur’an menurut istilah di atas pendapat…
A. Khudari Beik
B. Muhammad Abduh
C. Bakri Syaih Amin
D. Sayyid Sabiq
E. Ibnu Taimiyah
53. وَإِلَٰهُكُمۡ إِلَٰهٞ وَٰحِدٞۖ لَّآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلرَّحۡمَٰنُ ٱلرَّحِيمُ (البقرة ١٦٣)
Ayat di atas terkait dengan isi pokok ajaran Al-Qur’an tentang…
A. aqidah
B. ibadah
C. muamalah
D. akhlak
E. sain
54. Muamalah adalah hubungan antara manusia dengan sesamanya. Berikut ini contoh-contoh perbuatan muamalah, kecuali….
A. syirkah
B. sholat
C. munakhakhad
D. tolong menolong
E. muzaroah
55. شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ (البقرة ١٨٥ )
Lafadz وَبَيِّنَٰتٖ pada ayat di atas memiliki arti…
A. penafsiran
B. penjelasan
C. pengerahan
D. pemahaman
E. penulisan
56. Ayat yang berisi perintah menyembah Allah bagi jin dan manusia, terdapat dalam Al-Qur’an surat…
A. Adz Dzariat 56
B. Adz Dzariat 65
C. Adz Dzariat 60
D. Adz Dzariat 55
E. Adz Dzariat 156
57. Kata علقةً pada Qur’an surat Al-Mukminun 14 artinya adalah…
A. segumpal darah
B. segumpal daging
C. segumpal air
D. segumpal lemak
E. segumpal nanah
58. فى قرارٍمكين
Ditinjau dari ilmu tajwid ketika ada tanwin bertemu huruf م bacaannya adalah….
A. Idghom bilaghunah
B. Idghom mimi
C. Idghom bighunah
D. Idghom mutamasilain
E. Idghom mutaqoribain
59. ٱلۡأَفِۡٔئىِدَةُ pada Q.S. An-Nahl 78 artinya….
A. penglihatan
B. hati nurani
C. akal pikiran
D. telinga
E. Pendengaran
60. Manusia di dunia ini dilahirkan dalam keadaan tidak mempunyai pengetahuan apapun, tetapi Allah memberikan potensi bagi setiap manusia untuk dapat menerima ilmu pengetahuan. Urutan potensi manusia berdasarkan Q.S. An-Nahl 78 adalah…
A. Hati nuraini – pengengaran - penglihatan
B. Pendengaran – penglihatan – hati nuraini
C. Pendegaran – hati nuraini - penglihatan
D. Penglihatan – pendengaran – hati nuraini
E. Hati nuraini – akal pikiran – perasaan
61. Dari segi bahasa kata hadits mempunyai beberapa arti kecuali…
A. berita
B. dekat
C. khobar
D. lama
E. Baru
62. اقواله ص م و افعاله واحو اله
Adalah definisi hadits menurut…
A. fuqoha
B. mufassirin
C. ahli hadits
D. usshuliyin
E. Muttakallimin
63. Ahli hadits mendefinisikan khobar adalah…
A. Suatu berita yang datang dari ulama salaf
B. Suatu berita yang khusus dari sahabat Nabi
C. Suatu berita yang terjadi pada zaman dulu
D. Suatu berita baik dari Nabi SAW, sahabat maupun tabiin
E. Suatu berita dari siapa saja.
64. Yang dimaksud hadits Qudsi adalah…
A. Lafadznya dari Allah
B. Maksudnya dari Allah
C. Lafadz dan makna dari Allah
D. Lafadznya dari Nabi makna dari Allah
E. Lafadznya dari nabi maknanya dari nabi
65. Nabi menetapkan suatu hokum yang rasul sendiri tidak melakukan, demikian dalam kajian ilmu hadits dikategorikan sunnah…
A. Qouliyah
B. Taqririyah
C. Hammiyah
D. Fi’liyah
E. Hadits Qudsi
66. إنّما الاعمال باانيات
Hadits tersebut adalah contoh sunnah…
A. Qouliyah
B. Hammiyah
C. Taqririyah
D. Sunnah Nabi
E. Hadits Illahi
Arti lafadz يشدّ dari hadits di atas adalah…
A. Saling menyayangi
B. Saling menolong
C. Saling menjaga
D. Saling menguatkan
E. Saling mengadu
68. Sebuah do’a yang langsung diajarkan Nabi dan di nukilkan sampai pada kita disebut do’a…
A. Ma’tsur
B. Mansur
C. Maqbul
D. Mastur
E. Sanad
69. الطريق الموصول الى المتن
Ungkapan tersebut adalah merupakan pengertian…
A. Rowi
B. Matan
C. Rijalul hadits
D. Musnad
E. Sanad
70. عن عبد الله ابن عمروبن العاص عن النبى ص م قال :رضا الله فى رضا الوالدين وسخط الله فى سخط الوالدين (رواه بيهقى)
Yang dimaksud dengan matan hadits adalah…
A. عن عبد الله
B. عن النبى
C. عن
D. رضا الله فى رضا الوالدين
E. عمروبن العاص
71. Di bawah ini adalah nama para sahabat yang meriwayatkan lebih dari 2.000 hadits kecualai…
A. Abu Said Akhudri
B. Abdullah bin Muslim
C. Muslim dan Ahmad
D. Aisyah
E. Abu Hurairah
72. Istilah مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ adalah hadits yang diriwayatkan oleh…
A. Ahmad dan Bukhori
B. Bukhori dan Muslim
C. Muslim dan Ahmad
D. Ahmad dan Tirmidzi
E. Abu Daud dan Thobroni
73. Hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah Rowi yang menurut adat kebiasaan mustahil mereka sepakat untuk dusta, kwalitas mereka sama dari sanad pertama samapai sanad terakhir dan dari tiap sanad tingkatatannya tidak ada cacat di sebut hadits…
A. shohih
B. dhoif
C. mutawatir
D. ghorib
E. Hasan
74. Hadits yang diriwayatkan oleh tiga orang atau lebih namun belum mencapai derajat mutawatir disebut hadits…
A. mutawatir
B. hasan
C. shohih
D. aziz
E. Masyhur
75. Hadits ahad adalah hadits yang rawinya….
A. Para sahabat
B. Para tabi’in
C. Tidak mencapai derajat mutawatir
D. Banyak orang
E. Beberapa orang
76. مَارَوَاهُ جَمْعٌ تَحِيْلُ الْعَادَةُ تَوَاطُؤَهُمْ عَلَى الْكَذِبِ
Maksud pernyataan tersebut adalah…
A. Biasanya mereka itu tidak berbohong
B. Berdasarkan kebiasaannya tidak berbohong
C. Biasanya orang banyak itu saling membohongi
D. Orang yang banyak yang menurut kebiasaannya mustahil berbohong
E. Orang yang banyak itu mungkin berbohong
77. Ciri-ciri hadits mutawatir di antaranya…
A. Menggunakan اَخْبَرَنَا
B. Diriwayatkan oleh Amirul Mukminin
C. Rawi pertamanya Nabi Muhammad SAW
D. Haditsnya diriwayatkan Bukhori-Muslim
E. Berdasarkan tanggapan panca indra
78. Argumentasi kelompok Asy-Syafi’iyyah dalam membatasi minimal rawi hadits mutawatir mengiaskannya dengan jumlah…
A. 4 saksi dalam persidangan
B. 25 nabi dan rasul
C. Nabi-nabi ulul azmi
D. 10 malaikat yang wajib diimami
E. Para sahabat Khulaufurrasyidin
79. Hadits yang diriwayatkan oleh seorang rawi saja disebut hadits…
A. hasan
B. sahih
C. aziz
D. ghorib
E. Ahad
A. Gharib Nisbi
B. Hasan Mutlaq
C. Masyhur Nisbi
D. Aziz Mutlaq
E. Gharib Mutlaq
81. Berikut ini yang bukan syarat-syarat hadits sahih adalah…
A. Sanadnya tidak putus
B. dabit
C. Tidak mempunyai illat
D. Bersumber dari sahabat
E. Tidak janggal
82. Rawi yang memiliki sifat adil dan dabit disebut…
A. Rawi maqbul
B. Rawi siqqah
C. Rawi sahih
D. Rawi hadits
E. Rawi adil
83. Tingkatan yang tertinggi dalam hadits sahih berdasarkan kedabittan dan keadilan para perawinya adalah…
A. مُتَّفَقٌ عَلَيْهْ
B. اَصَحِيْحُ الْاسَنِدْ
C. صَحِيْحُ الْاسَنِدْ
D. اَصَحُّ الْاَسَا نِدْ
E. عَلَ شَرْطِ الْبُخَارِيْ وَمُسْلِمُ
84. Rawi hadits yang cacat disebabkan rawinya dusta, maka haditsnya tergolong hadits…
A. Mahmud
B. Matruk
C. Maudu’
D. Munkar
E. Mardud
85. لَا شَرِيكَ لَهُۥۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرۡتُ ... (الانعام 163)
Kelanjutan ayat tersebut adalah…
A. وَأَنَا۠ مِنَ ٱلۡمُسۡلِمِينَ
B. وَأَنَا۠ مِنَ ٱلۡمُرْسَلِيْنَ
C. اِنَّا۠ مِنَ ٱلۡمُسۡلِمِين
D. وَأَنَا۠ أَوَّلُ ٱلۡمُسۡلِمِينَ
E. وَأَنَّكَ مِنَ ٱلۡمُرْسَلِيْنَ
86. Arti kata أُمِرُوا dalam QS. Al-Bayyinah adalah…
A. tekun beribadah
B. bersatu
C. semangat
D. ikhlas
E. Diperintahkan
87. Berikut ini yang merupakan ibadah yang diperintahkan dalam surat Al-Bayyinah ayat 5 adalah…
A. Salat dan infak
B. Salat dan zakat
C. Salat dan haji
D. Zakat dan puasa
E. Zakat dan haji
88. Orang yang beramal dengan mengharapkan pahala dan masuk surga, menurut Imam Yahya An-Nawawi adalah tipe watak…
A. buruh
B. petani
C. pedagang
D. pengangguran
E. orang merdeka
89. Arti kata وَبِذَٰلِكَ أُمِرۡتُ pada Q.S. Al-An’am :163 adalah…
A. Demikian perintah Allah menjadi jelas
B. Demikian Allah memerintahkan
C. Demikian yang diperintahkan kepadaku
D. Demikian ketentuan yang diberikan Allah
E. Demikianlah kita diperintahkan Al-Qur’an
90. Kandungan yang terdapat Q.S. Al-Bayyinah ayat 5, bahwa ibadah seseorang dapat diterima jika disertai…
A. Kesungguhan dan tidak putus asa
B. Pengulangan yang aktif dan tekun
C. Ikhlas
D. Sabar dan tawakal
E. Khusuk dan tawaddu’
91. Kata مَحْيَاىَ pada Q.S Al-An’am ayat 162 artinya…
A. shalatku
B. hidupku
C. matiku
D. ibadahku
E. Amalanku
92. وَأَنَا۠ أَوَّلُ ٱلۡمُسۡلِمِينَ
Potongan ayat diatas artinya, “Dan aku adalah orang yang pertama-tama…”
A. beribadah kepada allah
B. minta perlindungan kepada allah
C. menyerahkan diri kepada allah
D. mohon pertolongan hanya kepada allah
E. mohon syafaat dari allah
93. Contoh tauladan yang diakui Nabi Muhammad ketika mengajak umatnya beriman kepada Allah adalah…
A. Nabi Sulaiman
B. Nabi Musa
C. Nabi Isa
D. Nabi Ibrahim
E. Nabi Nuh
94. Kata shalat disebut lagi setelah masuk nusuk (ibadah), padahal shalat juga termasuk ibadah. Hal demikian menurut ahli tafsir bermakna…
A. Shalat sebagai kewajiban
B. Pentingnya shalat dalam kehidupan manusia
C. Shalat adalah tujuan hidup
D. Shalat merupakan ibadah wajib
E. Shalat dilakukan secara rutin
95. Kata حنفاءَ yang terdapat pada Q.S Al-Bayyinah : 5 artinya
A. bengkok
B. amanah
C. benar
D. lurus
E. Baik
96. Memberi makna ikhlas yang paling tepat adalah…
A. Melakukan aktifitas tanpa meminta imbalan apapun
B. Melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain
C. Menolong sesame manusia yang paling memerlukan
D. Menyelematkan mausia dari kesesatan
E. Usaha memurnikan dan menyucikan hati supaya benar-benar terarah kepada Allah.
97. Merupakan salah satu syarat diterimanya suatu ibadah, diantaranya…
A. adanya semangat
B. konsentrasi
C. terjaga dari pengaruh sikap jelek
D. memiliki niat yang kuat
E. Ikhlas
98. Arti kata دِينُ ٱلۡقَيِّمَةِ pada Q.S Bayyinah ayat 5 adalah…
A. Agama yang benar
B. Agama yang baik
C. Agama yang jelas
D. Agama yang murni
E. Agama asli
99. Nabi SAW melaksanakan shalat malam hingga kakinya bengkak. Lafadz yang sesuai dengan arti “kakinya bengkak” adalah…
A. وَمَاتَأخَرَ
B. اَفَلاَاُحِبُّ
C. مَاتَقَدَّمَ
D. حَتَّى تَتَفَطَّرَ
E. قَدَمَاهُ
100. Arti kata قَدَمَاهُ adalah…
A. Sebelah kakinya
B. Mata kakinya
C. Kedua kakinya
D. Dosa yang akan datang
Demikian sekilas info
tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun PAT SAT Al-Quran Hadist Kelas 10 MA Tahun 2025. Sermoga ada manfaatnya.
No comments
Post a Comment