Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Bunyi (Bersuara) Indah

Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Bunyi (Bersuara) Indah
Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Bunyi (Bersuara) Indah

Cara merawat burung kenari
. Sebagaimana diketahui Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Prancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15.Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis lainnya.

Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu
Ciri umum dan karakter dasar burung kenari-Burung kenari merupakan jenis burung yang berukuran kecil dengan panjang badan 11-15 cm. Secara umum kenari memiliki ciri, yaitu badan bagian atas berwarna kuning sitrun dengan garis-garis lebih gelap, sedangkan bagian bawah berwarna kekuningan dan lebih cerah.
Sayap pada ekor burung kenari berwarna hijau kekuningan dan paruh berwarna seperti timah. Tidak ada perbedaan pola dan warna bulu, bentuk, serta ukuran tubuh antara burung jantan dan betina. Oleh karena itu, secara umum burung kenari dapat digolongkan sebagai satwa monomorfik. Sehingga untuk membedakan jenis kelamin burung kenari akan sulit jika dilihat dari segi morfologinya.
Burung kenari dikenal sebagai burung berkicau dengan suara yang bagus, keras, bervariasi, serta tajam mengalun. Panjang satu alunan suara dalam satu tarikan nafas burung kenari dapat mencapai lebih dari 30 detik.
Posting cara merawat burung kenari agar cepat bunyi atau bersuara, terbagi dua bagian yakni 1) Bagaimna Cara merawat anak burung kenari atau burung kenari bakalan agar cepat bunyi atau bersuara. 2) Bagaimana cara merawat burung kenari agar memiliki bunyi atau bersuara yang indah.
Cara merawat anak burung kenari atau burung kenari bakalan agar cepat bunyi yang kurang dari 4 bulan yaitu:
1. Beri makan yang kaya protein
Kenari yang masih muda harus diberi makan yang kaya akan protein untuk pertumbuhan sel, organ dalam, dan juga bulu-bulunya. Agar kenari bakalan tumbuh dengan sehat sebaiknya beri makan yang mengandung protein sekitar 20 sampai 22%. Pemberian makanan berupa biji-bijian juga sangat diperlukan untuk menunjang perkembangan burung kenari yang masih muda.
2. Beri makanan yang banyak kalsium dan fosfornya
Cara merawat kenari bakalan agar cepat bunyi juga harus dilakukan dengan memberikan makanan yang banyak mengandung fosfor dan kalsium. Fosfor dan kalsium sangat bermanfaat untuk pertumbuhan paruh dan bulu burung kenari. Untuk memberikan asupan kalsium dan fosfor pada burung kenari bisa menggunakan tulang sotong.
3. Beri makanan tambahan yang tepat
Memberikan makanan tambahan merupakan salah satu cara perawatan kenari agar cepat gacor atau berkicau terus menerus. Makanan tambahan yang tepat untuk kenari yang masih muda adalah telur rebus yang diberikan setiap pagi dan sore hari dengan porsi setengah butir. Telur yang digunakan adalah telur puyuh. Kandungan protein dalam telur puyuh sangat tinggi dan cocok sebagai makanan tambahan burung kenari.
4. Jemur secukupnya
Cara merawat kenari bakalan agar cepat bunyi dan masih berumur kurang dari atau sekitar 4 bulan yang selanjutnya yaitu dengan menjemur burung kenari di bawah sinar matahari selama sekitar satu jam. Vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari bisa menguatkan tulang burung dan mempercantik bulunya. Jemur burung kenari mulai pagi sampai sekitar jam setengah 10. Hindari untuk menjemur pada jam 10 lebih.
5. Lakukan pemaskeran
Ini dia tahap atau cara yang harus dilakukan agar kenari muda bisa cepat berkicau yaitu dengan melakukan pemasteran. Burung kenari muda yang berumur kurang dari 4 bulan sangat cocok untuk dilakukan pemasteran. Cara pemasterannya bisa menggunakan sesama burung kenari yang sudah gacor ataupun dengan menggunakan media MP3. Agar lebih efektif letakkan suara tersebut dalam satu ruangan.
Merawat kenari bakalan umur 2 bulan dan kurang dari 5 bulan memang harus dilakukan secara ekstra dan benar. Burung kenari yang sudah dilatih sejak dini bisa menghasilkan suara yang lebih bagus dan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Hal ini dikarenakan pemasteran dilakukan sejak burung belum berkicau jadi hasilnya bisa sesuai dengan yang dijadikan master. Cara merawat kenari bakalan agar cepat bunyi yang berumur 4 bulan akan berhasil jika pemiliknya juga telaten dalam merawatnya.
 
Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Bunyi (Bersuara) Indah
Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Bunyi (Bersuara) Indah
 
Adapun cara umum merawat burung Kenari agar memiliki Suara yang Indah
1. Memberikan pakan yang baik
Memelihara hewan tentu saja memberi pakan adalah faktor yang utama. Cara merawat burung kenari pun kamu perlu memerhatikan pakannya dengan baik. Pastikan kamu memberikan pakan yang bergizi seperti berasal dari campuran biji-bijian, telur puyuh rebus, kroto, sayuran segar dan asinan telur sotong.
Perlu diperhatikan juga jangan memberikan pakan yang berlebihan. Burung kenari yang mengalami berat badan berlebih biasanya akan jarang berkicau.
2. Pemasteran burung kenari
Pemasteran adalah memberikan suara burung pada burung kenari. Kamu bisa menggunakan suara burung dari rekaman musik yang diletakkan di kandang bersama dengan burung kenari peliharaanmu.
Hal ini akan membuat burung kenari berlatih berkicau. Usahakan memberikan pelatihan ini selama 2 jam berturut-turut secara rutin dan pastikan volumenya kecil agar burung kenari tak takut.
3. Merawat burung kenari
Cara merawat burung kenari adalah dengan memandikan dan menjemurnya secara rutin. Memandikan burung kenari dengan cara disemprot hingga bulunya benar-benar basah merata. Setelah dimandikan jemur burun kenari sekitar 2 jam pada pagi hari. Kamu perlu memandikan burung kenari setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.
4. Membersihkan kandang burung kenari
Tak hanya membersihkan burung kenari, tempat atau kandangnya pun perlu kamu bersihkan juga. Hal ini merupakan cara merawat burung kenari yang penting juga. Kebersihan kandang burung kenari akan memberikan efek kesehatan langsung pada si burung.
Tentu kamu tidak ingin jika kotoran di kandang burung kenari akan berjamur dan menimbulkan bakteri yang bahaya untuk kesehatan burung. Perhatikan juga kebersihan tempat maakn dan tempat minumnya.
5. Usahakan hindari pengganggu
Bagi yang gemar mengikuti perlombaan burung kenari, tentu memberikan waktu istirahat pada burung kenari sangatlah penting. Usahakan untuk tidak adanya gangguan saat burung kenari istirahat. Munculnya pengganggu dapat memicu burung kenari menjadi stres dan akan berujung burung mati.
6. Merawat burung kenari dengan konsisten
Jika kamu ingin memiliki burung kenari yang memiliki suara indah dan tumbuh dengan aktif serta gesit, kamu perlu melakukan cara merawat burung kenari dengan benar dan konsisten.
Dalam merawat burung kenari membutuhkan ketelatenan dalam merawatnya setiap hari. Burung kenari tidak akan mengeluarkan suara yang indah jika kamu hanya “sekedar” memeliharanya saja.
 
Berikut ini Tips Cara Merawat Burung Kenari agar Cepat Gacor
Burung Kenari merupakan burung pemakan biji-bijian, buah dan sayur yang memiliki kicauan sangat merdu dan menghibur. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan mineral burung kenari harus diberikan makanan yang sehat, sayur segar dan buah segar. Selain itu, untuk menunjang kebutuhan proteinnya yang tinggi burung kenari juga harus diberi Telur Puyuh rebus agar burung lebih sehat dan cepat berbunyi gacor. Untuk pecinta burung kenari pemula berikut ini Cara Merawat Burung Kenari Biar Cepat Bunyi Gacor. Simak dan bacalah dengan seksama.
·Setiap pagi burung kenari dikeluarkan sekitar pukul 6 bila cuaca tidak mendung dan tidak hujan, karena burung kenari rentan sakit bila cuaca hujan dan angin kencang. Bila cuaca cerah dan tidak angin maka segeralah burung kenari dikeluarkan agar mendapatkan sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan burung, juga pemiliknya.
·Sangkar sebaiknya dibersihkan setiap hari dari kotoran maupun sisa makanan, kenari seed di tambah atau diganti yang baru, Air minum berikan air mineral atau air matang (rebusan) dan setiap hari diganti.
·Setiap pagi sebelum dijemur burung diberi Sayuran segar seperti sawi putih, selada, mentimun.
·Seminggu dua kali burung kenari diberi Apel merah yang dibuang bijinya.
·Setiap hari burung kenari diberi rebusan telur puyuh yang dibelah, berikan separo saja untuk 1 ekor burung kenari.
·Untuk memaksimalkan agar burung cepat gacor, burung kenari ada baiknya juga diberikan Cede Kenari yang banyak dijual di tempat penjual pakan burung yang mana bahan dari Cede kenari itu adalah kuning telur, ekstrak apel, niger seed dan bahan lain yang baik untuk kenari.
·Memandikan burung kenari tergantung kebiasaan, jika anda biasakan dimandikan maka mandikanlah secara rutin, namun bila anda tidak memiliki waktu untuk memandikan maka cukuplah air minum dengan wadah besar di isi air yang penuh agar burung bisa mandi sendiri.
·Yang terpenting agar burung senantiasa selalu sehat adalah sangkar setiap hari dibersihkan, demikian pula tenggerannya, kemudian pemberian pakan yang cukup – baik sayur, kenari seed maupun telur puyuh.
·Penjemuran juga sangat diperlukan agar burung lebih rajin berkicau, durasi penjemuran cukup 2-3 jam, jangan lebih dari jam 10 pagi.
·Di malam hari sebaiknya burung kenari di kerodong dan dimasteri dengan suara masteran kenari maupun masteran Blackthroat.
Kesabaran dan rutinitas yang disiplin akan membuat burung kenari lebih cepat berkicau, menurut pengalaman saya burung kenari yang dirawat dengan baik, di usia 5-6 bulan telah berkicau dengan baik, lantang dan gacor meskipun terkadang ada nada-nada yang masih sumbang. Sedangkan usia yang sudah matang dan burung benar-benar telah gacor adalah usia diatas 8 bulan.
 
Demikian posting tentang Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Bunyi (Bersuara) Indah atau burung kenari bakalan agar cepat bunyi atau bersuara, dan cara merawat burung kenari agar memiliki bunyi atau bersuara yang indah. Semoga ada manfaatnya bagi sahabat pencinta burung. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Scroll to Top