Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA Kurikulum Merdeka

Buku Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA MA Kurikulum Merdeka

 

Kemendikbudristek telah menerbitkan Buku Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA MA Kurikulum Merdeka. Buku panduan ini disusun dalam rangka memandu satuan pendidikan untuk merancang mekanisme pemilihan mata pelajaran pilihan pada Kurikulum Merdeka yang menjawab kebutuhan peserta didik sesuai dengan kondisi satuan pendidikan.

Sebagaimana diketahui dalam penerapan Kurikulu Merdeka, p[eserta didik sudah seharusnya menjadi fokus utama dalam pemilihan mata pelajaran pilihan. Dalam pemilihan mata pelajaran pilihan ini peserta didik difasilitasi untuk dapat merencanakan dan mengambil keputusan studi lanjutan, serta karier lainnya setelah selesai SMA berdasarkan kondisi minat, bakat, dan kemampuan dirinya. Harapannya, setelah menyelesaikan pendidikannya di jenjang SMA, peserta didik akan memiliki kematangan karier yang akan mendukung kehidupannya di masa yang akan dating.

Dalam kaitannya dengan pemilihan mata pelajaran pilihan yang berpusat dan berpihak pada peserta didik perlu adanya panduan bagi pendidik pada tingkat satuan pendidikan di jenjang SMA sederajat. Buku Panduan Pemilihan Mapel Pilihan di SMA MA Kurikulum Merdeka ini dapat dijadikan inspirasi dalam penyelenggaraan pemilihan mapel pilihan yang selanjutnya satuan pendidikan dapat memfasilitasi proses pembelajaran peserta didik sehingga mampu untuk mengembangkan minat, bakat, kompetensi dan karakter peserta didik secara optimal.

Buku Panduan Pemilihan Mapel Pilihan di SMA MA Kurikulum Merdeka ini merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu pendidik dan satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan tindak lanjut dalam penyelenggaraan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka. Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan pada Kurikulum Merdeka ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Untuk itu perlu masukan semua pihak.

Berdasarkan Buku Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA MA Kurikulum Merdeka Edisi 2022-2023, dalam menentukan mata pelajaran pilihan peserta didik perlu mendapatkan bimbingan yang memadai agar mereka dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan aspirasi masa depan mereka. Ada beberapa cara dalam mendampingi peserta didik sebagai berikut.

1. Sosialisasi. Sosialisasi dilakukan untuk membangun pemahaman orang tua dan peserta didik atas pentingnya mengenali minat, bakat, dan kemampuan yang dapat mendukung rencana karier setelah SMA.

2. Pendampingan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan. Guru BK, guru mata pelajaran, dan wali kelas secara bersinergi melakukan pendampingan eksplorasi minat, bakat dan kemampuan peserta didik. Setelah mengetahui minat dan bakatnya, peserta didik dibimbing untuk membuat perencanaan kariernya. Satuan pendidikan dan pendidik dapat menggunakan beberapa metode yang ada dalam buku Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling.

3. Pendampingan pemilihan mata pelajaran pilihan. Peserta didik mendapatkan berbagai pendampingan melalui berbagai layanan karier sebagai proses eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan sehingga memiliki kemantapan dalam memilih mata pelajaran pilihan.

4. Setelah penetapan. Setelah penetapan pemilihan mata pelajaran pilihan, peserta didik mendapatkan berbagai pendampingan agar dapat menguatkan pilihannya sesuai dengan rencana karier setelah SMA.

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Panduan Pemilihan Mapel Pilihan di SMA MA Kurikulum Merdeka Edisi 2022-2023. LINK DOWNLOAD DISINI

Demikian informasi tentang Buku Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA MA Kurikulum Merdeka Edisi 2024 – 2025. Semoga ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *