Modul Ajar PJOK Penjas Kelas 8

Modul Ajar PJOK Penjas Kelas 8

Modul Ajar PJOK Penjas Kelas 8 Materi Pokok: Aktivitas Kebugaran Jasmani. Pendidikan jasmani (Penjas) pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan kualitas individu secara holistik, baik dalam hal fisik, mental, maupun emosional. Penjas merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan gerak, kecerdasan, dan pembentukan watak.

Menurut Lutan (1989, hlm. 1) mengatakan bahwa: “Pendidikan jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai – nilai (sikap, mental, emosional, spiritual, dan sosial).”

Sedangkan Suherman dan Lutan (2008, hlm. 14) menjelaskan bahwa : “Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai pendidikan melalui gerak dan harus dilakukan dengan cara-cara yang sesuai dengan arti yang dikandungnya.” Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Penjas adalah suatu proses pendidikan melalui aktivitas jasmani dalam usaha mencapai tujuan pendidikan dengan memanfaatkan aktivitas fisik dan psikis.

Tujuan umum Penjas di sekolah adalah memacu pada pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental, emosional dan sosial serta selaras dalam upaya membentuk dan mengembangkan kemampuan gerak dasar, menanamkan nilai, sikap dan membiasakan hidup sehat.

Modul ini akan membimbing siswa melakukan pembelajaran mandiri guna menguasai Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya, dan Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh.

Setelah belajar materi pada Modul Pembelajaran PJOK Penjas 8 Materi Pokok : Aktivitas Kebugaran Jasmani, diharapkan Peserta Didik dapat :

memiliki pengetahuan tentang; konsep, prinsip, komponen dan manfaat kebugaran jasmani, serta terjaga kebugaran jasmaninya.

memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang: komponen kebugaran jasmani.

memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam tes kebugaran jasmani serta memaknai hasil tes.

Itulah contoh Modul Ajar PJOK Penjas Kelas 8 Materi Pokok: Aktivitas Kebugaran Jasmani. Selamat Belajar, semoga sukses.

One Comment on “Modul Ajar PJOK Penjas Kelas 8”

  1. Terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat semoga Forum kita Forum Guru di Komunitas Sekolah Pinggrian memiliki kontribusi yang positif dalam meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah sehingga dalam meningkatkan pengetahuan keterampilan sikap siswa dan berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *