Cara Cek SKTP Guru Tahun 2024 – 2025

Cara Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025
Cara Cek SKTP Guru Tahun 2024 – 2025
Cara Cek SKTP Guru Tahun 2024 – 2025. SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi merupakan salah satu persyaratan pencairan tunjangan profesi guru. Itulah sebabnya penerbitan SKTP selalu dinantikan oleh guru. Sebenarnya para guru berharap pencairan TPG tidak bergantung kepada terbitnya SKTP seperti tunjangan kinerja yang diberlakukan pada instansi lainnya. Apalagi penerbitan SKTP berbasis dapodik, sehingga kesalahan pengisian aplikasi dapodik terkadang berpengaruh terhadap nasib guru.

Lalu bagaimana cara Cara Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025 saat ini gtk.kemendikbud.go.id/ Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2024-2025 adalah laman yang berisi Infomasi Data Guru dan Tenaga Kependidikan yang ditampilkan berasal dari data yang dikirim sekolah melalui dapodik. Jika ada kesalahan data proses perbaikannya dilakukan di Sekolah masing-masing dan menjadi tanggungjawab pemilik data.

Pada laman Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025 terdapat keterangan Status Validasi Tunjangan Profesi yang dinyatakan dalam bentuk VALID atau TIDAK VALID. Bagi guru yang berdasarkan hasil Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025 dinyataka valid maka akan diterbitkan SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi, yang antara lain berisi Nomor SK, Tanggal Penerbitan SK, NIP, NUPTK, Nomor Registrasi Guru (NRG), Nomor Peserta Sertifikasi, Nama Kabupaten/Kota dan Provinsi, data Bank (Nama Bank, Cabang Bank, Nomor Rekening dan nama pada rekening Bank).

Berikut ini Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025 Melalui Laman Info GTK Kemendikbud

Pertama, Silahkan akses laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Kedua jika berhasil masuk, pada dashboard akan terdapat 2 opsi untuk login Info GTK KemendikbudRistek Tahun 2024-2025 atau klik Login Langsung ke GTK.

Ketiga, Masukkan akun PTK Dapodik yang Anda miliki, serta password PTK pada Dapodik, di kolom yang tersedia. Jika langkah diatas telah Anda lakukan, maka selanjutnya, Klik tombol login.

Keempat, setelah berhasil login, Anda akan masuk ke dashboard Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2024-2025 yang berisi Data Individu berdasarkan Dapodik, Status NUPTK Pada Database Arsip NUPTK, Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik, Tugas Tambahan, Rombongan Belajar (Rombel), Riwayat Pendidikan Formal, Sertifikasi Pendidik, Status Verval Ijazah S1/D4, dan lain sebagainya. Periksa apakah data yang tercantum pada info GTK tersebut, sesuai dengan data pribadi Anda

Jika ternyata data yang tercantum hasil Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025 tersebut telah sesuai dengan data pribadi Anda. Maka langkah selanjutnya, Klik Tombol Cetak untuk mem print out. Dimana nantinya, data yang telah Anda print out tersebut, bisa Anda berikan pada admin Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (Simtun), untuk memudahkan pemberian tunjangan nantinya. Namun, jika ternyata masih terdapat kesalahan data yang ditampilkan pada hasil Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025, maka segera lakukan perbaikan data dengan menghubungi Operator sekolah anda.

Lalu bagaimana Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025 Melalui Laman Individual GTK ? Untuk membuka Info GTK gunakan account PTK yang sudah diverifikasi. Pastikan menggunakan email yang aktif serta tidak diperkenankan menggunakan email orang lain. Adapun Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik

Adapun Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025 melalui Laman Individual GTK adalah dengan mengakses LOGIN MENGGUNAAN SSO yang ditampilan pada opsi logi cek Info GTK. Selanjutnya, masukan Username/Email dan password. (Akun PTK yang terdaftar didapodik). Kemudian Klik tombol Masuk. Setelah berhasil login, Silahkan klik menu Biodata. Kemudian Scroll ke bawah dan klik menu “Buka Info GTK”, maka secara otomatis laman Info GTK akan terbuka.

Periksa kembali data yang tercantum pada info GTK. Pastikan seluruh data anda telah valid. Jika Sudah valid, langkah selanjutnya Klik Tombol Cetak untuk mencetak laman info gtk tersebut. Hasil print out info GTK 2024/2025 biasanya akan diminta oleh admin Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (Simtun) Kabyupaten/Kota sebagai salah satu persyaratan pencairan TPG Guru tahun 2024-2025

Mengapa kita perlu melakukan Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025 karena data yang valid yang ditampilkan dalam laman info gtk akan menjadi dasar dalam penerbitkan SKTP. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah data yang di tampilkan di info GTK tersebut valid dan telah sesuai atau belum dengan data Anda. Maka Anda perlu melakukan pengecekan info GTK. Perlu diketahui bahwa semua data yang ditampilkan pada laman info gtk ini berasal dari data aplikasi dapodik yang telah disinkron. Jika ada perubahan atau perbedaan dengan data yang sebenarnya, maka segera lakukan perubahan/penyesuaian data pada aplikasi dapodik di sekolah masing-masing melalui operator sekolah.

Demikian informasi tentang Cek SKTP Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2024-2025. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Bagi Anda yang ingin berkonsultasi tentang cara perbaikan data di info gtk, silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

3 Comments on “Cara Cek SKTP Guru Tahun 2024 – 2025”

  1. Terima kasih Admin telah berbagi posting yang bermanfaat. Mohon agar update posting terbaru bisa dikirim melalui Telegram Komunitas Sekolah Pinggiran. Sehingga para guru yang tergabung dalam Forum Guru Komunitas Sekolah Pinggiran dapat dengan cepat memperoleh informasi yang terbaru.

  2. Terima kasih Admin telah berbagi posting yang bermanfaat. Mohon agar update posting terbaru bisa dikirim melalui Telegram Komunitas Sekolah Pinggiran. Sehingga para guru yang tergabung dalam Forum Guru Komunitas Sekolah Pinggiran dapat dengan cepat memperoleh informasi yang terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *