Latihan Soal Dan Pembahasan Tes CPNS 2024-2025 (PDF)

Latihan Soal Dan Pembahasan Tes CPNS 2024-2025 (PDF)
Latihan Soal Dan Pembahasan Tes CPNS 2024-2025 (PDF)


Latihan Soal Dan Pembahasan Tes CPNS 2024-2025 (PDF), Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. PNS merupakan bagian pokok dari ASN (Aparatur Sipin Negara), karena di dalam ASN selain terdapat PNS juga terdapat
PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.


Pada sebagian orang, menjadi PNS masih menjadi cita-cita. Untuk mewujudkan cita-cita menjadi PNS, seseorang harus mengikuti Seleksi CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil. Ada informasi yang menggemberikan bahwa pemerintah akan mengadakan seleksi CPNS tahun 2024 nanti. Lalu apa sih yang dimaksud CPNS? Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Saat berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, kompetensi dan kinerja mereka dinilai berdasarkan formasi di saat mereka dinyatakan lulus seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Jika mereka belum memenuhi kriteria penilaian tahap kedua, status calon dapat ditunda dengan ketentuan waktu tertentu. Jika belum memenuhi persyaratan berdasarkan waktu yang telah ditentukan, mereka dinyatakan gugur atau dibatalkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Pelaksanaan Tes CPNS 2024-2025 (PDF) ini menggunakan system Computer  Assisted  Test (CAT), dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade). Nilai SKD memiliki bobot 40 persen, sementara Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bobotnya 60 persen.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja menjelaskan, setiap peserta Tes CPNS  harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal,  dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Sedangkan TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi. Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

TIU juga untuk  menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi. Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain. Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.

Ketentuan Teknis Seleksi Tes CPNS tertuang dalam Permenpan RB Nomor 36 Tahun 2024 dan Permenpan RB Nomor 27 Tahun 2024. Selain membaca aturan anda juga bisa mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi soal tes CPNS 2024-2025 danLatihan Soal Dan Pembahasan Tes CPNS 2024-2025 PDF). Soal-soal latihan tidak sama bahkan jauh dari soal yang sebenarnya, tetapi minimal dapat digunakan sebagai bahan untuk mengukur kemampuan diri. Soal latihan CPNS 2024-2025 seperti soal Cat BKn mungkin juga hanya sekedar melatih cara mengerjakan soal melalui computer. Mengapa perlu berlatih ? karena berdasarkan pengalaman soal CPNS tahun 2024-2025 dipastikan dikerjakan secara online atau dikenal dengan istilah CAT.

Sebelum mempelajari Soal Dan Pembahasan Tes CPNS 2024-2025 (PDF) ada
baiknya juga Anda mengenal kisi-kisi soal CPNS 2024-2025. Untuk kisi-kisi soal CPNS sebenarnya anda dapat membaca Permenpan No 20 Tahun 2024. Karena secara logis soal tes CPNS tidak akan jauh berbeda dengan soal tes CPNS. Sebagaimana diketahui soal tes CPNS  mengacu pada Permenpan No 20 Tahun 2024. (Info selengkapnya baca disini)

Terkait Latihan Soal Tes Seleksi ASN CPNS 2024-2025 (PDF)-2025 (PDF) dan pembahasannya, Kali ini admin bagikan beberapa contoh soal yang tentunya hanya untuk memperkaya wawasan (harapannya tentu dapat membantu Anda yang sedang memperispakan diri menghadapai pelaksanaan seleksi CPNS 2024-2025. Sekali lagi contoh soal Seleksi  CPNS 2024-2025 (PDF) ini hanya soal latihan. Berikut ini link contoh latihan Soal  CPNS 2024-2025

Download Contoh Latihan Soal  CPNS 2024-2025 versi CAT (disini)

Download Contoh Latihan Soal CPNS Pdf Dan Pembahasan Soal CPNS 2024-2025 (TKD TIU) (disini)

Download Contoh Latihan Soal CPNS Pdf Dan Pembahasan Soal CPNS 2024-2025 (TKD TKP) (disini)

Download Contoh Latihan Soal CPNS Pdf Dan Pembahasan Soal CPNS 2024-2025 (TKD TWK) (disini)

Download Soal Latihan Tes Seleksi CPNS dan pembahasan TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 1 —DISINI

Download Soal Latihan Dan Pembahasan Tes Seleksi CPNS TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 2 —DISINI

Download Soal Latihan Dan Pembahasan Tes Seleksi ASN CPNS TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 3 —DISINI

Download Soal Dan Pembahasan Tes Seleksi ASN CPNS 2024-2025 TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 4 —DISINI

Download Soal Dan Pembahasan Tes CPNS 2024-2025 TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 5 —DISINI

Download Soal Dan Pembahasan Tes CPNS tahun 2024-2025 TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 6 —DISINI

Download Soal Dan Pembahasan Tes Sleksi ASN CPNS 2024-2025 TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 7 —DISINI

Download Soal Dan Pembahasan Tes CPNS 2024-2025 TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 8 —DISINI

Download Soal Latihan Dan Pembahasan Tes CPNS TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 9 —DISINI

Download Soal Latihan Dan Pembahasan Tes CPNS TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 10 —DISINI

Download Soal Dan Pembahasan Tes CPNS Tahun 2024-2025 TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 11 —DISINI

Download Soal Latihan Dan Pembahasan Tes ASN CPNS TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 12 —DISINI

Download Soal Dan Pembahasan tes soal seleksi CPNS 2024-2025 TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 13 —DISINI

Download Soal Latihan Dan Pembahasan Tes seleksi ASN CPNS TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 14 —DISINI

Download Soal Dan Pembahasan tes seleksi ASN CPNS 2024-2025 TWK, TIU dan TKP (Pdf) – 15 —DISINI

Catatan: TIU artinya Tes Intelegsi Umum, TKP adalah Tes Karekateristik Kepribadian dan TWK adalah Tes Wawasan Kebangsaaan.

Demikian info Latihan Soal Dan Pembahasan Tes CPNS 2024-2025 (PDF), semoga bermanfaat. Selamat berlatih dan mempersiapkan diri secara optimal. Selamat berjuang, semoga sukses….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *